SILABUS
MATA
KULIAH : KEPEMIMPINAN
PENDIDIKAN
SKS : 3 SKS
MAHASISWA : MP FIP UNJ
ANGKATAN 2011
DOSEN : DR. SURYADI/
DESI RAHMAWATI, M. Pd
A. STANDAR
KOMPETENSI
Mahasiswa memahami
konsep-konsep dan berbagai teori kepemimpinan serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan
berorganisasi.
B. BUKU SUMBER:
Gary Yukl. Leadership in Organization. Seventh Edition. New
York : Pearson, 2010.
Hadari Nawawi. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Jogjakarta : Gadjah Mada
University Press, 2006.
Inu Kencana Syafiie. Ensiklopedia Manusia Terpopuler. Bandung
: Pustaka Reka Cipta, 2011.
Marshall Goldsmith, Global leadership: the Next Generation, Pearson
Education, Inc: New Jersey, 2003.
Nigel Bennett, Megan Crawford and
Marion Cartwright, Effective Educational
Leadership. California: Paul Chapman Publishing, 2003.
Ready Susanto. Sang Pemimpin : Dari Yasir Arafat hinga George Washington. Bandung
: Bejana, 2011.
Soekarso et al. Teori Kepemimpinan. Jakarta : Mitra Wacana Media, 2010.
C.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Pert.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Subtansi kajian
|
Pengalaman Belajar
|
Tagihan / Evaluasi
|
|||
T
|
P
|
L
|
Strategi Pembelajaran
|
|||||
1
|
Mahasiswa memiliki kesadaran pentingnya mempelajari mata kuliah
kepemimpinan pendidikan
|
· Mahasiswa menyadari
bahwa setiap orang dilahirkan untuk menjadi pemimpin
· Mahasiswa memahami arti
pemimpin dan syarat-syarat menjadi pemimpin
|
·
Membahas silabus
·
Membuat kontrak kuliah
·
Renungan awal untuk menjadi pemimpin
·
Pengertian kepemimpinan
·
Pentingnya kepemimpinan dalam aspek kehidupan
·
Syarat menjadi pemimpin
|
V
|
-
|
-
|
Ceramah dan Tanya jawab
|
|
2
|
Mahasiswa mampu membedakan antara pemimpin dan manajer serta mampu
menganalisis keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin
|
·
Mahasiswa mampu membedakan antara pemimpin dan manajer
·
Mahasiswa mampu menganalisis keterampilan apa saja yang
harus dimiliki oleh seorang pemimpin
|
·
Beda pemimpin
dan manajer
·
Leadership Skill
·
Studi kasus
terkait Leadership Skill
·
Sumber daya
kepemimpinan
·
Analisis
kepemimpinan
|
V
|
V
|
-
|
Ceramah, Diskusi dan, tugas
kelompok
|
Hasil análisis studi kasus
|
3
|
Mahasiswa mampu memahami
berbagai teori kepemimpinan serta ciri khas dari masing-masing teori
|
·
Mahasiswa mampu menjelaskan teori sifat kepemimpinan (traits theory)
|
·
Menjelaskan pengertian teori sifat kepemimpinan
·
Sifat-sifat kepemimpinan
·
Membandingkan antara sifat pemimpin dengan sifat bukan
pemimpin
·
Sifat-sifat kepemimpinan efektif
·
Kelemahan teori sifat kepemimpinan
|
V
|
V
|
-
|
Diskusi kelompok, Tanya
jawab, games kepemimpinan
|
Makalah hasil diskusi
|
4
|
Mahasiswa mampu memahami
berbagai teori kepemimpinan serta ciri khas dari masing-masing teori
|
·
Mahasiswa mampu menjelaskan teori perilaku kepemimpinan
(behavior theory)
|
·
Menjelaskan
Pengertian Teori Perilaku Kepemimpinan
·
Efektivitas
Kepemimpinan Teori Perilaku
·
Menjelaskan Model-Model
Kepemimpinan Perilaku
·
Kelemahan teori
perilaku kepemimpinan
|
V
|
V
|
-
|
Diskusi kelompok, Tanya
jawab, games kepemimpinan
|
Makalah hasil diskusi
|
5
|
Mahasiswa mampu memahami
berbagai teori kepemimpinan serta ciri khas dari masing-masing teori
|
·
Mahasiswa mampu menjelaskan teori kontingensi
kepemimpinan (contingency theory)
|
·
Pengertian
teori kontingensi kepemimpinan
·
Faktor-faktor
kontingensi
·
Efektivitas
kepemimpinan teori kontingensi
·
Model-model
kepemimpinan kontingensi
·
Kelemahan teori
kontingensi kepemimpinan
|
V
|
V
|
-
|
Diskusi kelompok, Tanya
jawab, games kepemimpinan
|
Makalah hasil diskusi
|
6
|
Mahasiswa mampu memahami
berbagai teori kepemimpinan serta ciri khas dari masing-masing teori
|
·
Mahasiswa mampu menjelaskan teori kepemimpinan
pendekatan terbaru
|
·
Model-model
kepemimpinan pendekatan terbaru
|
V
|
V
|
-
|
Diskusi kelompok, Tanya
jawab, games kepemimpinan
|
Makalah hasil diskusi
|
7-8
|
Mahasiswa mampu memahami
berbagai teori kepemimpinan serta ciri khas dari masing-masing teori
|
·
Mahasiswa mampu menjelaskan kepemimpinan global
|
·
Kepemimpinan
global
|
V
|
V
|
-
|
Diskusi kelompok, Tanya
jawab, games kepemimpinan
|
Makalah hasil diskusi
|
9
|
UJIAN
TENGAH SEMESTER
|
|||||||
10-15
|
Mahasiswa memiliki sosok
pemimpin yang dapat dijadikan sebagai figur panutan
|
·
Mahasiswa mampu
menggali dan mengambil nilai-nilai positif dari pemimpin yang dijadikan
panutan
|
·
Melakukan bedah biografi para pemimpin dunia saat ini
·
Memutarkan film inspiratif para pemimpin dunia
|
V
|
V
|
-
|
Demonstrasi,
Pemutaran film
|
Biografi
film
|
16
|
UJIAN AKHIR
SEMESTER
|
D. SISTEM PENILAIAN
Selama perkuliahan penilaian sudah
dilakukan. Nilai akhir ditentukan dengan uraian sebagai berikut:
1. Diskusi kelompok :
20%
2. Tugas individu :
20%
3. UTS :
20%
4. UAS :
20%
5. Kehadiran :
20%
______________________
Jumlah : 100 %
Tidak ada komentar:
Posting Komentar