RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL
(RAT)
Mata Kuliah :
Perkembangan Peserta Didik
Kode / SKS :MKDK4002 / 2 SKS
Deskripsi Singkat :
Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan peserta didik dan penerapannya dalam pelaksanaan pembelajaran
diantaranya hakikat pertumbuhan dan perkembangan anak, karakteristik dan
kebutuhan peserta didik usia sekolah dasar, karakteristik dan kebutuhan peserta
didik usia sekolah menengah, karakteristik dan kebutuhan peserta didik usia
dewasa, karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak berkelainan, serta
implikasi karakteristik peserta didik terhadap penyelenggaraan pendidikan. Mata
kuliah ini bermanfaat dalam mengatasi masalah pendidikan dan pembelajaran yang
terjadi di kelas. Materi akan dibahas secara jelas melalui penjelasan materi,
pemberian contoh, dan praktek PKR. Penilaian terhadap pencapaian kompetensi
dilakukan dengan memberikan tugas untuk menyusun RPP kelas rangkap dan juga
mempraktekkan PKR baik di sekolah maupun di kelas.
Kompetensi
Umum : Mahasiswa mempunyai pemahaman yang komprehensif tentang peserta
didik, serta implikasinya dalam melaksanakan pembelajaran
No.
|
Kompetensi Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Metode Tutorial
|
Tugas Tutorial
|
Daftar Pustaka
|
Tutorial Ke
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
Mahasiswa dapat
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1.
Menjelaskan konsep PJJ, belajar mandiri, dan/atau
tutorial
2.
Menjelaskan tujuan mata kuliah perkembangan peserta didik
3.
menjelaskan sistem
penilaian tutorial
4.
Menjelaskan ruang
lingkup materi mata kuliah dengan menggunakan peta konsep
5. Menjelaskan cara membaca cepat
6. Mempraktekkan cara membaca cepat dan
7. Membaca pemahaman
8. Menjelaskan cara membuat peta konsep
9.
Latihan membuat peta
konsep untuk memahami isi materi
modul yang sedang dipelajari
10.
Menjelaskan berbagai
metode pembelajaran
|
1.
Orientasi tutorial dan belajar mandiri yang
efektif
|
1. Ruang lingkup tutorial
2. Tugas yang harus dikerjakan selama tutorial
3. Belajar mandiri yang efektif
.
|
1.
Presentasi
2.
Kerja individu
3.
Diskusi
|
Tugas Partisipasi:
ü Membuat kel menjadi 6
kel )
ü @ kel membuat PPT 1
modul dan mind map
ü Kelompok 1 dan 2
mempersiapkan untuk presentasi modul 1 dan 2 di pertemuan berikutnya
|
-
|
1
|
2
|
2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
3. Menjelaskan fase-fase perkembangan
4. Menjelaskan hukum-hukum perkembangan
5. Menjelaskan hakikat pengaaman belajar
6. Menjelaskan kaitan perkembangan dengan pengalaman kerja
7. Menjelaskan kaitan antara pertumbuhan fisik dengan perkembangan
intelektual
8. Menjelaskan kaitan antara perkembangan intelektual dan emosional
9. Menjelaskan kaitan antara perkembangan bahasa dan kemampuan berbicara
10. Menjelaskan kaitan antara perkembangan sosial, nilai-nilai moral, sikap,
dan moralitas
11. Menjelaskan perbedaan individu anak usia sekolah dasar
12. Menjelaskan jenis-jenis kebutuhan anak usia sekolah dasar
|
1.
Hakikat pertumbuhan
dan perkembangan
2.
Hukum-hukum
perkembangan
3.
Pengaruh berbagai
faktor dalam perkembangan manusia
4.
Pertumbuhan fisik
serta perkembangan intelektual emosional
5.
Perkembangan bahasa
sosial, moral dan sikap
6.
Perbedaan individu
anak usia sekolah dasar
7.
Jenis-jenis kebutuhan
anak usia sekolah dasar
|
1.
Pengertian
pertumbuhan
2.
Pengertian
perkembangan
3.
Proses
perkembangan
4.
Fase-fase
perkembangan
5.
Hukum
perkembangan
6.
Teori
kematangan
7.
Teori
perkembangan kognitif
8.
Pertumbuhan
jasmani selama pertengahan masa kanak-kanak
9.
Beberapa
aspek kesehatan dan kebugaran masa kanak-kanak
10. Perkembangan intelektual dan
emosional
11. Perkembangan bahasa
12. Perkembangan sosial, moral,
dan sikap
13. Perbedaan pada perkembangan
fisik
14. Perbedaan pada perkembangan
intelektual
15. Perbedaan kemampuan
16. Kebutuhan jasmaniah
17. Kasih sayang
18. Memiliki
19. Aktualisasi diri
|
1. Presentasi kelompok 1 dan 2
2. Diskusi
|
Tugas Partisipasi:
membuat mind map modul 1 dan 2 sebagai
persiapan menjalani tes formatif 1
|
Sumantri,
Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
|
2
|
3
|
Memahami
isi modul 1 sampai 2 mata
kuliah perkembangan peserta
didik
|
·
Modul 1-2
|
·
Modul 1-2
|
Tes Formatif 1
|
Tes uraian
|
Sumantri,
Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
|
3
|
4
|
1.
Menjelaskan kaitan
antara pertumbuhan fisik dengan perkembangan intelektual
2.
Menjelaskan kaitan
antara perkembangan intelektual dan emosionalnya
3.
Menjelaskan kaitan
antara perkembangan sosial, nilai moral dan sikap
4.
Menjelaskan perbedaan
individu anak usia sekolah menengah
5.
Menjelaskan
jenis-jenis kebutuhan anak usia sekolah menengah
6.
Menjelaskan
pertumbuhan fisik dan perkembangan intelektual
7.
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan orang dewasa
8.
Menjelaskan perbedaan
individual orang dewasa
9.
Menjelaskan
kebutuhan-kebutuhan orang dewasa
|
1.
Pertumbuhan fisik
serta perkembangan intelektual dan emosional
2.
Perkembangan sosial,
moral dan sikap
3.
Perbedaan individu
anak usia sekolah menengah
4.
Pertumbuhan fisik
serta perkembangan intelektual
5.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi perkembangan orang dewasa
6.
Perbedaan individu
orang dewasa
7.
Kebutuhan-kebutuhan orang dewasa
|
1.
Pertumbuhan
fisik/jasmani
2.
Perkembangan
intelektual
3.
Perkembangan
emosional
4.
Perkembangan
sosial, moralitas dan sikap
5.
Perkembangan
oemikiran politik
6.
Perkembangan
agama dan keyakinan
7.
Perbedaan
kemampuan
8.
Perbedaan
intelegensi
9.
Perbedaan
dalam kepribadian
10. Pertumbuhan fisik/jasmani
11. Perkembangan intelektual
12. Perkembangan moral
13. Kekuatan fisik
14. Kemampuan motorik
15. Kemampuan mental
16. Motivasi untuk berkembang
17. Model peran
18. Perbedaan dalam minat
19. Kepribadian
20. Kecakapan
21. Kebutuhan orang dewasa
|
1. Presentasi kelompok 3 dan 4
2. Diskusi
|
Tugas Partisipasi
membuat mind map modul 3 dan 4 sebagai
persiapan menjalani tes formatif 2
|
Sumantri,
Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
|
4
|
5
|
Memahami
isi modul 3 sampai 4 mata
kuliah perkembangan peserta
didik
|
·
Modul 3-4
|
·
Modul 3-4
|
Tes Formatif 2
|
Tes uraian
|
Sumantri,
Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
|
5
|
6
|
1.
Menjelaskan
karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak yang berkelainan fisik
2.
Menjelaskan
karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak yang berkelainan psikis
3.
Menjelaskan
karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak yang berkesulitan belajar
4.
Menjelaskan implikasi
karakteristik anak usia SD terhadap penyelenggaraan pendidikan
5.
Menjelaskan implikasi
karakteristik anak usia sekolah menengah terhadap penyelenggaraan pendidikan
6.
Menjelaskan implikasi
karakteristik orang dewasa terhadap penyelenggaraan pendidikan
7.
Menjelaskan implikasi
karakteristik anak berkelainan fisik dan psikis terhadap penyelenggaraan
pendidikan
|
1.
Karakteristik dan
kebutuhan pendidikan bagi anak yang berkelainan fisik
2.
Karakteristik dan
kebutuhan pendidikan bagi anak yang berkelainan psikis
3.
Karakteristik dan
kebutuhan pendidikan bagi anak berkesulitan belajar
4.
Kriteria perencanaan
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
5.
Kriteria pelaksanaan
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
6.
Kriteria penilaian
proses dan hasil belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
7.
|
1.
Hakikat
anak berkelainan fisik
2.
Pemrosesan
informasi
3.
Hakikat
anak berkelainan psikis
4.
IQ
dan ketidakmampuan intelektual
5.
Peserta
didik autis
6.
Filsafat
pendidikan bagi kelas khusus
7.
Modifikasi
tugas-tugas disesuaikan dengan kemampuan dan gaya belajar siswa
8.
Sekolah
inklusif
9.
Penilaian
bagi peserta didik berkelainan
10.
Perencanaan
pembelajaran bagi anak usia SD
11.
Perencanaan
pembelajaran bagi anak usia menengah
12.
Perencanaan
pembelajaran bagi usia dewasa
13.
Perencanaan
pembelajaran bagi anak berkelainan fisik dan psikis
14.
Modifikasi
tugas-tugas disesuaikan dengan kemampuan dan gaya belajar siswa
15.
Penyelenggaraan
pendidikan bagi anak usia SD
16.
Penyelenggaraan
pendidikan bagi anak usia sekolah menengah
17.
Penyelenggaraan
pendidikan bagi anak berkelainan fisik dan psikis
18.
Penyelenggaraan
pendidikan bagi anak berkesulitan belajar
19.
Penilaian
bagi anak usia SD
20.
Penilaian
bagi anak usia sekolah menengah
21.
Penilaian
bagi orang usia dewasa
22.
Penilaian
bagi anak berkelainan
23.
Penilaian
bagi anak berkesulitan belajar
|
1. Presentasi kelompok 5 dan 6
2. Diskusi
|
Tugas Partisipasi
membuat mind map modul 5 dan 6 sebagai
persiapan menjalani tes formatif 3
|
Sumantri,
Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
|
6
|
7
|
Memahami
isi modul 5 sampai 6 mata
kuliah perkembangan peserta
didik
|
·
Modul 5-6
|
·
Modul 5-6
|
Tes Formatif 3
|
Tes uraian
|
Sumantri,
Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
|
7
|
8
|
1. Menjelaskan materi yang belum dipahami
2.
Merangkum seluruh
materi yang ditutorialkan
|
Semua Pokok Bahasan yang ada di modul
|
Semua Sub pokok Bahasan
yang ada di
|
Diskusi, tanya jawab
|
Review mata kuliah
|
Sumantri,
Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
|
8
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar