Kamis, 21 April 2016

RAT PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK UT


RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
Mata Kuliah                     : Perkembangan Peserta Didik
Kode / SKS                      :MKDK4002 / 2 SKS
Deskripsi Singkat           : Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan peserta didik dan penerapannya dalam pelaksanaan pembelajaran diantaranya hakikat pertumbuhan dan perkembangan anak, karakteristik dan kebutuhan peserta didik usia sekolah dasar, karakteristik dan kebutuhan peserta didik usia sekolah menengah, karakteristik dan kebutuhan peserta didik usia dewasa, karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak berkelainan, serta implikasi karakteristik peserta didik terhadap penyelenggaraan pendidikan.      Mata kuliah ini bermanfaat dalam mengatasi masalah pendidikan dan pembelajaran yang terjadi di kelas. Materi akan dibahas secara jelas melalui penjelasan materi, pemberian contoh, dan praktek PKR. Penilaian terhadap pencapaian kompetensi dilakukan dengan memberikan tugas untuk menyusun RPP kelas rangkap dan juga mempraktekkan PKR baik di sekolah maupun di kelas.

Kompetensi Umum        : Mahasiswa mempunyai pemahaman yang komprehensif tentang peserta didik, serta implikasinya dalam melaksanakan pembelajaran

No.
Kompetensi Khusus
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Metode Tutorial
Tugas Tutorial
Daftar Pustaka
Tutorial Ke
1
2
3
4
5
6
7
8

Mahasiswa dapat






1
1.    Menjelaskan konsep PJJ, belajar mandiri, dan/atau  tutorial
2.    Menjelaskan tujuan mata kuliah perkembangan peserta didik
3.    menjelaskan sistem penilaian tutorial
4.    Menjelaskan ruang lingkup materi mata kuliah dengan menggunakan peta konsep
5.    Menjelaskan cara membaca cepat
6.    Mempraktekkan cara membaca cepat dan
7.    Membaca pemahaman
8.    Menjelaskan cara membuat peta konsep
9.    Latihan membuat peta konsep untuk memahami isi materi modul yang sedang dipelajari
10. Menjelaskan berbagai metode pembelajaran

1.     Orientasi tutorial dan belajar mandiri yang efektif
1.     Ruang lingkup tutorial
2.     Tugas yang harus dikerjakan  selama tutorial
3.     Belajar mandiri yang efektif
.
1.     Presentasi
2.     Kerja individu
3.     Diskusi
Tugas Partisipasi:
ü  Membuat kel menjadi 6 kel )
ü  @ kel membuat PPT 1 modul dan mind map
ü  Kelompok 1 dan 2 mempersiapkan untuk presentasi modul 1 dan 2 di pertemuan berikutnya

-

1
2
2.    Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
3.    Menjelaskan fase-fase perkembangan
4.    Menjelaskan hukum-hukum perkembangan
5.    Menjelaskan hakikat pengaaman belajar
6.    Menjelaskan kaitan perkembangan dengan pengalaman kerja
7.    Menjelaskan kaitan antara pertumbuhan fisik dengan perkembangan intelektual
8.    Menjelaskan kaitan antara perkembangan intelektual dan emosional
9.    Menjelaskan kaitan antara perkembangan bahasa dan kemampuan  berbicara
10. Menjelaskan kaitan antara perkembangan sosial, nilai-nilai moral, sikap, dan moralitas
11. Menjelaskan perbedaan individu anak usia sekolah dasar
12. Menjelaskan jenis-jenis kebutuhan anak usia sekolah dasar
1.    Hakikat pertumbuhan dan perkembangan
2.    Hukum-hukum perkembangan
3.    Pengaruh berbagai faktor dalam perkembangan manusia
4.    Pertumbuhan fisik serta perkembangan intelektual emosional
5.    Perkembangan bahasa sosial, moral dan sikap
6.    Perbedaan individu anak usia sekolah dasar
7.    Jenis-jenis kebutuhan anak usia sekolah dasar
1.    Pengertian pertumbuhan
2.    Pengertian perkembangan
3.    Proses perkembangan
4.    Fase-fase perkembangan
5.    Hukum perkembangan
6.    Teori kematangan
7.    Teori perkembangan kognitif
8.    Pertumbuhan jasmani selama pertengahan masa kanak-kanak
9.    Beberapa aspek kesehatan dan kebugaran masa kanak-kanak
10. Perkembangan intelektual dan emosional
11. Perkembangan bahasa
12. Perkembangan sosial, moral, dan sikap
13. Perbedaan pada perkembangan fisik
14. Perbedaan pada perkembangan intelektual
15. Perbedaan kemampuan
16. Kebutuhan jasmaniah
17. Kasih sayang
18. Memiliki
19. Aktualisasi diri

1.   Presentasi kelompok 1 dan 2
2.   Diskusi
Tugas Partisipasi:
membuat mind map modul 1 dan 2 sebagai persiapan menjalani tes formatif 1
Sumantri, Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
2
3
Memahami
isi modul 1 sampai  2 mata
kuliah perkembangan peserta didik
·         Modul 1-2
·         Modul 1-2
Tes Formatif 1
Tes uraian
Sumantri, Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
3
4
1.    Menjelaskan kaitan antara pertumbuhan fisik dengan perkembangan intelektual
2.    Menjelaskan kaitan antara perkembangan intelektual dan emosionalnya
3.    Menjelaskan kaitan antara perkembangan sosial, nilai moral dan sikap
4.    Menjelaskan perbedaan individu anak usia sekolah menengah
5.    Menjelaskan jenis-jenis kebutuhan anak usia sekolah menengah
6.    Menjelaskan pertumbuhan fisik dan perkembangan intelektual
7.    Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan orang dewasa
8.    Menjelaskan perbedaan individual orang dewasa
9.    Menjelaskan kebutuhan-kebutuhan orang dewasa
1.    Pertumbuhan fisik serta perkembangan intelektual dan emosional
2.    Perkembangan sosial, moral dan sikap
3.    Perbedaan individu anak usia sekolah menengah
4.    Pertumbuhan fisik serta perkembangan intelektual
5.    Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan orang dewasa
6.    Perbedaan individu orang dewasa
7.    Kebutuhan-kebutuhan  orang dewasa
1.    Pertumbuhan fisik/jasmani
2.    Perkembangan intelektual
3.    Perkembangan emosional
4.    Perkembangan sosial, moralitas dan sikap
5.    Perkembangan oemikiran politik
6.    Perkembangan agama dan keyakinan
7.    Perbedaan kemampuan
8.    Perbedaan intelegensi
9.    Perbedaan dalam kepribadian
10. Pertumbuhan fisik/jasmani
11. Perkembangan intelektual
12. Perkembangan moral
13. Kekuatan fisik
14. Kemampuan motorik
15. Kemampuan mental
16. Motivasi untuk berkembang
17. Model peran
18. Perbedaan dalam minat
19. Kepribadian
20. Kecakapan
21. Kebutuhan orang dewasa
1.     Presentasi kelompok 3 dan 4
2.   Diskusi
Tugas Partisipasi
membuat mind map modul 3 dan 4 sebagai persiapan menjalani tes formatif  2
Sumantri, Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
4
5
Memahami
isi modul 3 sampai  4 mata
kuliah perkembangan peserta didik
·         Modul 3-4
·         Modul 3-4
Tes Formatif 2
Tes uraian
Sumantri, Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
5
6
1.    Menjelaskan karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak yang berkelainan fisik
2.    Menjelaskan karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak yang berkelainan psikis
3.    Menjelaskan karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak yang berkesulitan belajar
4.    Menjelaskan implikasi karakteristik anak usia SD terhadap penyelenggaraan pendidikan
5.    Menjelaskan implikasi karakteristik anak usia sekolah menengah terhadap penyelenggaraan pendidikan
6.    Menjelaskan implikasi karakteristik orang dewasa terhadap penyelenggaraan pendidikan
7.    Menjelaskan implikasi karakteristik anak berkelainan fisik dan psikis terhadap penyelenggaraan pendidikan
1.    Karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak yang berkelainan fisik
2.    Karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak yang berkelainan psikis
3.    Karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak berkesulitan belajar
4.    Kriteria perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
5.    Kriteria pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
6.    Kriteria penilaian proses dan hasil belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik
7.     
1.      Hakikat anak berkelainan fisik
2.      Pemrosesan informasi
3.      Hakikat anak berkelainan psikis
4.      IQ dan ketidakmampuan intelektual
5.      Peserta didik autis
6.      Filsafat pendidikan bagi kelas khusus
7.      Modifikasi tugas-tugas disesuaikan dengan kemampuan dan gaya belajar siswa
8.      Sekolah inklusif
9.      Penilaian bagi peserta didik berkelainan
10.   Perencanaan pembelajaran bagi anak usia SD
11.   Perencanaan pembelajaran bagi anak usia menengah
12.   Perencanaan pembelajaran bagi usia dewasa
13.   Perencanaan pembelajaran bagi anak berkelainan fisik dan psikis
14.   Modifikasi tugas-tugas disesuaikan dengan kemampuan dan gaya belajar siswa
15.   Penyelenggaraan pendidikan bagi anak usia SD
16.   Penyelenggaraan pendidikan bagi anak usia sekolah menengah
17.   Penyelenggaraan pendidikan bagi anak berkelainan fisik dan psikis
18.   Penyelenggaraan pendidikan bagi anak berkesulitan belajar
19.   Penilaian bagi anak usia SD
20.   Penilaian bagi anak usia sekolah menengah
21.   Penilaian bagi orang usia dewasa
22.   Penilaian bagi anak berkelainan
23.   Penilaian bagi anak berkesulitan belajar
1.   Presentasi kelompok 5 dan 6
2.   Diskusi
Tugas Partisipasi
membuat mind map modul 5 dan 6 sebagai persiapan menjalani tes formatif  3
Sumantri, Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
6
7
Memahami
isi modul 5 sampai  6 mata
kuliah perkembangan peserta didik
·         Modul 5-6
·         Modul 5-6
Tes Formatif 3
Tes uraian
Sumantri, Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
7
8
1.    Menjelaskan materi yang belum dipahami
2.    Merangkum seluruh materi yang ditutorialkan
Semua Pokok Bahasan yang ada di modul
Semua Sub pokok Bahasan yang ada di
Diskusi, tanya jawab
Review mata kuliah
Sumantri, Mulyani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Banten: Universitas Terbuka.
8



Tidak ada komentar:

Posting Komentar