RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL
(RAT)
Mata Kuliah :
Pembelajaran Kelas Rangkap
Kode / SKS :
PDGK4302 / 2 SKS
Deskripsi Singkat :
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat pembelajaran kelas rangkap,
model pengelolaan dan pembelajaran kelas rangkap, pengorganisasian
kelas, lingkungan sebagai sumber belajar, penyusunan rencana pembelajaran kelas rangkap, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
dalam pembelajaran kelas rangkap. Mata kuliah ini bermanfaat dalam mengantisipasi jika di sekolah terjadi
kekurangan/kekosongan guru sehingga diharuskan mengajar lebih dari dua kelas. Materi
akan dibahas secara jelas melalui penjelasan materi, pemberian contoh, dan
praktek PKR. Penilaian terhadap pencapaian kompetensi dilakukan dengan memberikan
tugas untuk menyusun RPP kelas rangkap dan juga mempraktekkan PKR baik di
sekolah maupun di kelas.
Kompetensi
Umum : Mahasiswa dapat mengaplikasikan
pembelajaran kelas rangkap di sekolah masing-masing.
No.
|
Kompetensi Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Metode Tutorial
|
Tugas Tutorial
|
Daftar Pustaka
|
Tutorial Ke
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
Mahasiswa dapat
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1.
Menjelaskan konsep PJJ, belajar mandiri, dan/atau
tutorial
2.
Menjelaskan tujuan mata kuliah PKR
3.
menjelaskan sistem
penilaian tutorial
4.
Menjelaskan ruang
lingkup materi mata kuliah dengan menggunakan peta konsep
5. Menjelaskan cara membaca cepat
6. Mempraktekkan cara membaca cepat dan
7. Membaca pemahaman
8. Menjelaskan cara membuat peta konsep
9.
Latihan membuat peta
konsep untuk memahami isi materi
modul yang sedang dipelajari
10.
Menjelaskan berbagai
metode pembelajaran
|
1.
Orientasi tutorial dan belajar mandiri yang
efektif
2.
Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap
|
1. Ruang lingkup tutorial
2. Tugas yang harus dikerjakan selama tutorial
3. Belajar mandiri yang efektif
.
|
1. Presentasi
2. Kerja individu
3.
Diskusi
|
Tugas Partisipasi:
ü Membuat kel menjadi 6
kel )
ü @ kel membuat PPT 1
modul sekaligus memilih salah satu metode pembelajaran berikut
langkah-langkahnya
ü Pada waktu perkuliahan
@ kel membawa print out PPT
|
-
|
1
|
2
|
1.
Menjelaskan hakikat PKR.
2.
Membandingkan PKR yang
ideal dan yang terjadi di lapangan
3.
Menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan PKR
4.
Menerapkan aneka model pengelolaan PKR di SD
5.
Menjelaskan prinsip-prinsip didaktik-metodik PKR
6.
Menerapkan prosedur dasar PKR
7.
Menerapkan aneka model interaksi kelas dalam PKR.
|
1.
Hakikat pembelajaran
kelas rangkap
2.
Model Pengelolaan dan Pembelajaran Kelas Rangkap.
|
1.
Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap.
2.
Gambaran
PKR yang ideal dan praktik yang terjadi di lapangan
3.
Prinsip
dan model pengelolaan PKR.
4.
Prinsip
didaktik-metodik dan prosedur dasar PKR
5.
Aneka
model interaksi kelas rangkap dalam PKR.
|
1. Presentasi kelompok 1 dan 2
2. Pemutaran video
3. Diskusi
|
Tugas Partisipasi
(kelompok
3 dan 4 mempersiapkan media dan metode untuk presentasi minggu depan)
|
Djalil,
Aria Dkk. 2014. Pembelajaran
Kelas
Rangkap. Jakarta. UT (Modul 1 dan 2)
|
2
|
3
|
1.
Melakukan penataan ruang kelas yang kondusif sehingga
dapat memperlancar kegiatan pembelajaran PKR.
2.
Mengorganisasikan
murid dalam kegiatan pembelajaran sehingga terjadi kegiatan belajar aktif
3.
Meningkatkan disiplin
belajar murid-murid sehingga dicapai kegiatan pembelajaran yan efektif
|
Pengorganisasian Kelas
|
1.
Penataan
Ruang Kelas.
2.
pengelompokan
belajar Murid.
3.
Disiplin
Kelas.
|
1. Presentasi kelompok 3 dan 4
2. Pemutaran video
3. Diskusi
|
Tugas Partisipasi
(kelompok
5 dan 6 mempersiapkan media dan metode untuk presentasi minggu depan)
|
Djalil, Aria Dkk.
2014. Pembelajaran Kelas Rangkap.
Jakarta. UT.
(Modul 3 dan 4)
|
3
|
4
|
1.
Melakukan kerja sama dengan sekolah lain
dan guru-gurunya sebagai sumber
2.
Menciptakan sekolah dan lingkungannya meenjadi sumber
belajar.
3.
Menggunakan lingkungan
sebagai sebagai sumber belajar dalam pelaksanaan PKR
4.
Memanfaatkan potensi masyarakat untuk
mendukung pelaksanaan PKR
|
Lingkungan
Sebagai Sumber Belajar
|
1. Sekolah dan rekan sejawat
sebagai Sumber.
2. Sekolah dan lingkungan
sebagai sumber.
3. Lingkungan sebagai sumber
belajar.
4. Masyarakat sebagai sumber
belajar
|
1. Presentasi kelompok 3 dan 4
2. Pemutaran video
3. Diskusi
|
Tugas Partisipasi
(kelompok
5 dan 6 mempersiapkan media dan metode untuk presentasi minggu depan)
|
Djalil,
Aria Dkk. 2014. Pembelajaran
Kelas
Rangkap. Jakarta. UT.
(Modul 3
dan 4)
|
3
|
5
|
Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menganalisis karakteristik kurikulum tingkat satuan
pendidikan (KTSP) SD.
2.
Merumuskan indikator
dari KD
3.
Merumuskan pengalaman
belajar dan kegiatan pembelajaran
4.
Menjelaskan manfaat
evaluasi program PKR
|
Penyusunan
rencana Pembelajaran Kelas Rangkap.
|
1. Analisis struktur kurikulum
SD dan prosedur dasar pengembangan pembelajaran kelas rangkap.
2. Perumusan indikator,
penataan pengalaman belajar dan kegiatan pembelajaan kelas rangkap.
3. Pemanfaatan evaluasi program
PKR
|
1.
Presentasi kelompok 5
dan 6
2.
Tanya Jawab
|
Tugas Partisipasi
(Membuat RPP untuk praktek di sekolah dan untuk
simulasi)
|
Djalil,
Aria Dkk. 2014. Pembelajaran
Kelas
Rangkap. Jakarta. UT.
(Modul 5
dan 6)
|
4
|
6
|
1.
Menjelaskan hakikat dan pentingnya keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perseorangan bagi seorang guru PKR
2.
Menjelaskan pengertian
ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan
3.
Menjelaskan komponen
ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan
4.
Memberi contoh setiap
komponen ketrampilan
5.
Mengidentifikasi
munculnya komponen ketrampilan dalam PKR
6.
Menerapkan setiap
komponen ketrampilan dalam praktik PKR
|
Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perseorangan dalam pembelajaran kelas rangkap.
|
1.
Hakikat
keterampilanmengajar kelompok kecil dan perseorangan.
2.
Komponen
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan.
3.
Penerapan
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan.
|
1.
Presentasi kelompok
2.
Tanya Jawab
|
Tugas Partisipasi
(Membuat RPP untuk praktek di sekolah dan untuk
simulasi)
|
Djalil,
Aria Dkk. 2014. Pembelajaran
Kelas
Rangkap. Jakarta. UT.
(Modul 5
dan 6)
|
4
|
7
|
Mempraktekkan pembelajaran kelas rangkap
|
Praktek pembelajaran kelas rangkap
|
Praktek pelaksanaan pembelajaran kelas rangkap di SD
|
Praktek (masing-masing mahasiswa
20 menit)
|
Tugas partisipasi
|
Djalil,
Aria Dkk. 2014. Pembelajaran
Kelas
Rangkap. Jakarta. UT.
|
5, 6, 7, dan 8
|
Menyetujui
Kepala UPBJJ-UT Jakarta Jakarta,
Maret 2016
Drs.
Irlan Soelaeman, M.Ed Dr. Desi Rahmawati, M. Pd
NIP.19570822
1988111 001 NIP.198612092010122004
SATUAN
AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke : 1
Kode Mata Kuliah / SKS :
PDGK4302 / 2 SKS
SKS :
Nama Tutor :
Dr. Desi Rahmawati, M. Pd
Kompetensi Umum :
Mahasiswa dapat
menerapkan konsep tutorial dan belajar mandiri yang efektif
Kompetensi
Khusus :
1.
Menjelaskan
konsep PJJ, belajar mandiri, dan
tutorial.
2.
Menjelaskan
tujuan tutorial
3.
menjelaskan
jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa selama tutorial
4.
menjelaskan
sistem penilaian tutorial
5.
menjelaskan
ruang lingkup materi mata kuliah dengan menggunakan peta konsep
6.
menjelaskan
cara membaca cepat
7.
mempraktekkan
cara membaca cepat dan membaca pemahaman
8.
menjelaskan
cara membuat peta konsep
9.
latihan
membuat peta konsep untuk memahami isi materi modul yang sedang dipelajari.
Pokok Bahasan :
Orientasi tutorial dan belajar mandiri
yang efektif
Sub Pokok Bahasan :
1. Ruang lingkup tutorial
2. Belajar mandiri
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media dan sumber belajar
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
Mempersiapkan SAT, bahan presentasi, media peta
konsep dan kertas HVS
|
||
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Menyapa mahasiswa, menanyakan maksud mahasiswa
datang di tempat tutorial, menanyakan apa yang diharapkan mahasiswa selama
mengikuti tutorial.
|
PPT, LCD
|
5’
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
1. Tutor menjelaskan konsep PJJ, belajar mandiri, tutorial, dan tujuan
tutorial.
2. Tutor menjelaskan perbedaan tutorial dengan kuliah, hal-hal yang harus
dikerjakan mahasiswa selama mengikuti program tutorial, dan tata cara
penilaian dalam tutorial.
3. Tutor membuka sesi jawab dengan mahasiswa
4. Tutor menjelaskan ruang lingkup mata kuliah dengan menggunakan peta
konsep.
5. Tutor menjelaskan cara belajar mandiri yang efektif melalui membaca
cepat , membaca pemahaman dan membuat peta konsep.
6. Mahasiswa berlatih membaca cepat dan membaca pemahaman.
7. Mahasiswa berlatih membuat peta konsep untuk memahami isi materi
modul.
8. Mendiskusikan peta konsep yang dibuat mahasiswa
9. Tutor memberi umpan balik atas hasil diskusi
|
ppt,
LCD, peta konsep materi mata kuliah, penggaris, dan kertas HVS.
|
105’
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama mahasiswa merangkum dan
menyimpulkan hasil tutorial
2.
Membagi mahasiswa menjadi 6
kelompok. Setiap kelompok diberi tugas membuat peta konsep dari 1 modul berikut metode dan sintaks (langkah-langkah pembelajarannya).
|
PPT, LCD
|
10’
|
SATUAN
AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke : 2
Kode Mata Kuliah / SKS :
PDGK4302 / 2 SKS
SKS :
2 SKS
Nama Tutor :
Dr. Desi Rahmawati, M. Pd
Kompetensi Umum :
Mahasiswa dapat mengaplikasikan
pembelajaran kelas rangkap di sekolah masing-masing
Kompetensi
Khusus :
1.
Menjelaskan
hakikat PKR
2.
Membandingkan
PKR yang ideal dan yang terjadi di lapangan
3.
Menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan PKR
4.
Menerapkan aneka model pengelolaan PKR di SD
5.
Menjelaskan prinsip-prinsip didaktik-metodik
PKR
6.
Menerapkan prosedur dasar PKR
7.
Menerapkan aneka model interaksi kelas dalam
PKR.
Pokok Bahasan :
1.
Hakikat
PKR
2.
Model pengelolaan dan pembelajaran kelas rangkap di
SD
Sub Pokok Bahasan :
1.
Hakikat
PKR
2.
Gambaran
PKR yang ideal dan yang terjadi di lapangan
3.
Prinsip-prinsip dan model pengelolaan PKR
4.
Prinsip-prinsip didaktik-metodik dan prosedur dasar PKR
5.
Aneka model interaksi kelas rangkap dalam PKR.
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media dan sumber belajar
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
Mempersiapkan SAT, bahan tayangan
video mengenai pembelajaran kelas rangkap
|
||
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
·
Menyapa mahasiswa
·
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan perkuliahan.
|
PPT, LCD
|
10’
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
6.
Tutor menayangkan video praktek pembelajaran
kelas rangkap untuk memberikan gambaran pada mahasiswa
|
ppt,
LCD, peta konsep materi mata kuliah,video
|
100’
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
3.
Bersama mahasiswa merangkum dan menyimpulkan
hasil tutorial
4.
Menginformasikan kepada kelompok 3 dan 4 untuk mempersiapkan materi
dan metode yang akan digunakan ketika membahas modul 3 dan 4.
|
PPT, LCD
|
10’
|
SATUAN
AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke : 3
Kode Mata Kuliah / SKS :
PDGK4302 / 2 SKS
SKS :
2 SKS
Nama Tutor :
Dr. Desi Rahmawati, M. Pd
Kompetensi Umum :
Mahasiswa dapat
mengaplikasikan pembelajaran kelas rangkap di sekolah masing-masing
Kompetensi
Khusus :
1.
Melakukan
penataan ruang kelas yang kondusif sehingga dapat memperlancar kegiatan PKR.
2.
Mengorganisasikan murid
dalam kegiatan pembelajaran sehingga terjadi kegiatan belajar aktif
3.
Meningkatkan disiplin
belajar murid-murid sehingga dicapai kegiatan pembelajaran yan efektif
4.
Melakukan
kerja sama dengan
sekolah lain dan guru-gurunya sebagai sumber
5.
Menciptakan
sekolah dan lingkungannya menjadi sumber belajar.
6.
Menggunakan lingkungan
sebagai sebagai sumber belajar dalam pelaksanaan PKR
7.
Memanfaatkan potensi
masyarakat untuk mendukung pelaksanaan PKR
Pokok Bahasan :
1.
Pengorganisasian
kelas
2.
Lingkungan
sebagai sumber belajar
Sub Pokok Bahasan :
1.
Penataan
ruang kelas
2.
Pengelompokan belajar
murid
3.
Disiplin kelas
4.
Sekolah dan rekan
sejawat sebagai sumber
5.
Sekolah dan lingkungan
sebagai sumber
6.
Lingkungan sebagai
sebagai sumber belajar
7.
Masyarakat sebagai
sumber belajar
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media dan sumber belajar
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
Mempersiapkan SAT, memeriksa
kehadiran mahasiswa
|
||
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
·
Menyapa mahasiswa
·
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan perkuliahan.
|
PPT, LCD
|
10’
|
3
|
Kegiatan
Penyajian
|
1.
Tutor menginformasikan
bahwa masing-masing kelompok memiliki waktu 50 menit untuk memberikan
pemahaman kepada rekan-rekannya dengan metode yang sudah mereka pilih.
2.
Tutor menjadi
fasilitator pembahasan modul 3 dan 4
3.
Kelompok yang memahas
modul 3 dan 4 memberikan pemahaman kepada rekan-rekannya dengan metode yang
sudah mereka pilih dan dengan menggunakan berbagai sumber
4.
Tutor mengkaitkan materi
pada modul dengan pengalaman mahasiswa
5.
Melakukan pertukaran
informasi antara tutor dengan mahasiswa
6.
Tutor menayangkan video praktek pembelajaran
kelas rangkap untuk memberikan gambaran pada mahasiswa
|
ppt, LCD, peta konsep materi kuliah
|
100’
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama mahasiswa merangkum dan menyimpulkan
hasil tutorial
2.
Menginformasikan kepada kelompok 5 dan 6 untuk mempersiapkan materi
dan metode yang akan digunakan ketika membahas modul 5 dan 6.
|
PPT, LCD
|
10’
|
SATUAN
AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke : 4
Kode Mata Kuliah / SKS :
PDGK4302 / 2 SKS
SKS :
2 SKS
Nama Tutor :
Dr. Desi Rahmawati, M. Pd
Kompetensi Umum :
Mahasiswa dapat
mengaplikasikan pembelajaran kelas rangkap di sekolah masing-masing
Kompetensi
Khusus :
1.
Menganalisis
karakteristik KTSP SD
2.
Merumuskan indikator
dari KD
3.
Merumuskan pengalaman
belajar dan kegiatan pembelajaran
4.
Menjelaskan manfaat
evaluasi program PKR
5.
Menjelaskan pentingnya
ketr mengajar kelompok kecil dan perseorangan bagi guru PKR
6.
Menjelaskan pengertin
ketr mengajar kelompok kecil dan perseorangan
7.
Menjelaskan komponen
ketr mengajar kelompok kecil dan perseorangan
8.
Memberi contoh setiap
komponen ketr mengajar kelompok kecil dan perseorangan
9.
Mengidentifikasi
munculnya kompoen ketr dalam PKR
10.
Menerapkan setiap
komponen ketr dalam praktik PKR
Pokok Bahasan :
1. Penyusunan rencana pembelajaran
kelas rangkap
2. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan
perseorangan dalam pembelajaran kelas rangkap
Sub Pokok Bahasan :
1.
Analisis
strktur kur SD dan prosedur dasar pengembangan PKR
2.
Perumusan
indikator, penataan pengalaman belajar dan kegiatan PKR
3.
Pemanfaatan evaluasi
program PKR
4.
Hakikat ketr mengajar kelompok kecil dan perseorangan
5.
Komponen ketr mengajar kelompok kecil dan perseorangan
6.
Penerapan ketr mengajar
kelompok kecil dan perseorangan
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media dan sumber belajar
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
Mempersiapkan SAT, memeriksa
kehadiran mahasiswa
|
||
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
·
Menyapa
mahasiswa
·
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan perkuliahan.
|
PPT, LCD
|
10’
|
3
|
Kegiatan
Penyajian
|
1.
Tutor menginformasikan
bahwa masing-masing kelompok memiliki waktu 50 menit untuk memberikan
pemahaman kepada rekan-rekannya dengan metode yang sudah mereka pilih.
2.
Tutor menjadi
fasilitator pembahasan modul 5 dan 6
3.
Kelompok yang memahas
modul 5 dan 6 memberikan pemahaman kepada rekan-rekannya dengan metode yang
sudah mereka pilih dan dengan menggunakan berbagai sumber
4.
Tutor mengkaitkan materi
pada modul dengan pengalaman mahasiswa
5.
Melakukan pertukaran
informasi antara tutor dengan mahasiswa
6.
Tutor menayangkan video praktek pembelajaran
kelas rangkap untuk memberikan gambaran pada mahasiswa
|
ppt, LCD, peta konsep materi kuliah
|
100’
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama mahasiswa merangkum dan menyimpulkan
hasil tutorial
2.
Menginformasikan kepada mahasiswa untuk mulai melaksanakan praktek
pembelajaran kelas rangkap di sekolah dan simulasi di kelas pada pertemuan 5
s.d 8
|
PPT, LCD
|
10’
|
SATUAN
AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke : 5 s.d 8
Kode Mata Kuliah / SKS :
PDGK4302 / 2 SKS
SKS :
2 SKS
Nama Tutor :
Dr. Desi Rahmawati, M. Pd
Kompetensi Umum :
Mahasiswa dapat
mengaplikasikan pembelajaran kelas rangkap di sekolah masing-masing
Kompetensi
Khusus : Melakukan simulasi pembelajaran kelas
rangkap
Pokok Bahasan :
Praktek PKR
Sub
Pokok Bahasan : Prakek pelaksanaan pembelajaran kelas
rangkap di SD
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media dan sumber belajar
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
Mempersiapkan SAT, memeriksa
kehadiran mahasiswa
|
||
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
·
Menyapa
mahasiswa
·
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan perkuliahan.
|
PPT, LCD
|
5’
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
1.
Setiap mahasiswa
melakukan praktek pembelajaran kelas rangkap dengan durasi waktu 20 menit
2.
Mahasiswa mendapatkan
feedback dari tutor dan sesama mahasiswa
3.
Tutor mengecek
kelengkapan berkas yang harus dikumpulkan
4. Mahasiswa melengkapi berkas yang masih harus diperbaiki
|
PPT,
LCD, lembar penilaian simulasi PKR
|
110’
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
3.
Bersama mahasiswa melakukan refleksi hasil simulasi
4.
Menginformasikan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan RPP dan media
yang diperlukan dalam simulasi PKR
|
PPT, LCD
|
5’
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar