Kamis, 21 April 2016

RAT SAT PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP UNIVERSITAS TERBUKA


RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
Mata Kuliah                     : Pembelajaran Kelas Rangkap
Kode / SKS                      : PDGK4302 / 2 SKS
Deskripsi Singkat           : Mata kuliah ini membahas tentang hakikat pembelajaran kelas rangkap, model pengelolaan dan pembelajaran kelas rangkap, pengorganisasian kelas, lingkungan sebagai sumber belajar, penyusunan rencana pembelajaran kelas rangkap, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam pembelajaran kelas rangkap.           Mata kuliah ini bermanfaat dalam mengantisipasi jika di sekolah terjadi kekurangan/kekosongan guru sehingga diharuskan mengajar lebih dari dua kelas. Materi akan dibahas secara jelas melalui penjelasan materi, pemberian contoh, dan praktek PKR. Penilaian terhadap pencapaian kompetensi dilakukan dengan memberikan tugas untuk menyusun RPP kelas rangkap dan juga mempraktekkan PKR baik di sekolah maupun di kelas.
Kompetensi Umum        : Mahasiswa dapat mengaplikasikan pembelajaran kelas rangkap di sekolah masing-masing.

No.
Kompetensi Khusus
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Metode Tutorial
Tugas Tutorial
Daftar Pustaka
Tutorial Ke
1
2
3
4
5
6
7
8

Mahasiswa dapat






1
1.    Menjelaskan konsep PJJ, belajar mandiri, dan/atau  tutorial
2.    Menjelaskan tujuan mata kuliah PKR
3.    menjelaskan sistem penilaian tutorial
4.    Menjelaskan ruang lingkup materi mata kuliah dengan menggunakan peta konsep
5.    Menjelaskan cara membaca cepat
6.    Mempraktekkan cara membaca cepat dan
7.    Membaca pemahaman
8.    Menjelaskan cara membuat peta konsep
9.    Latihan membuat peta konsep untuk memahami isi materi modul yang sedang dipelajari
10. Menjelaskan berbagai metode pembelajaran


1.     Orientasi tutorial dan belajar mandiri yang efektif
2.     Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap
1.     Ruang lingkup tutorial
2.     Tugas yang harus dikerjakan  selama tutorial
3.     Belajar mandiri yang efektif
.
1.     Presentasi
2.     Kerja individu
3.     Diskusi
Tugas Partisipasi:
ü  Membuat kel menjadi 6 kel )
ü  @ kel membuat PPT 1 modul sekaligus memilih salah satu metode pembelajaran berikut langkah-langkahnya

ü  Pada waktu perkuliahan @ kel membawa print out PPT
-

1
2
1.    Menjelaskan hakikat PKR.
2.    Membandingkan PKR yang ideal dan yang terjadi di lapangan
3.    Menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan PKR
4.    Menerapkan aneka model pengelolaan PKR di SD
5.    Menjelaskan prinsip-prinsip didaktik-metodik PKR
6.    Menerapkan prosedur dasar PKR
7.    Menerapkan aneka model interaksi kelas dalam PKR.
1.    Hakikat pembelajaran kelas rangkap
2.    Model Pengelolaan dan Pembelajaran Kelas Rangkap.
1.    Hakikat  Pembelajaran Kelas Rangkap.
2.    Gambaran PKR yang ideal dan praktik yang terjadi di lapangan
3.    Prinsip dan model pengelolaan PKR.
4.    Prinsip didaktik-metodik dan prosedur dasar PKR
5.    Aneka model interaksi kelas rangkap dalam PKR.
1.   Presentasi kelompok 1 dan 2
2.   Pemutaran video
3.   Diskusi
Tugas Partisipasi
(kelompok 3 dan 4 mempersiapkan media dan metode untuk presentasi minggu depan)
Djalil, Aria Dkk. 2014. Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta. UT (Modul 1 dan 2)
2
3
1.    Melakukan penataan ruang kelas yang kondusif sehingga dapat memperlancar kegiatan pembelajaran PKR.
2.    Mengorganisasikan murid dalam kegiatan pembelajaran sehingga terjadi kegiatan belajar aktif
3.    Meningkatkan disiplin belajar murid-murid sehingga dicapai kegiatan pembelajaran yan efektif
Pengorganisasian Kelas
1.    Penataan Ruang Kelas.
2.    pengelompokan belajar Murid.
3.    Disiplin Kelas.
1.     Presentasi kelompok 3 dan 4
2.   Pemutaran video
3.   Diskusi
Tugas Partisipasi
(kelompok 5 dan 6 mempersiapkan media dan metode untuk presentasi minggu depan)
Djalil, Aria Dkk. 2014. Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta. UT.
(Modul 3 dan 4)
3
4
1.    Melakukan kerja sama dengan sekolah lain dan guru-gurunya sebagai sumber
2.    Menciptakan sekolah dan lingkungannya meenjadi sumber belajar.
3.    Menggunakan lingkungan sebagai sebagai sumber belajar dalam pelaksanaan PKR
4.     Memanfaatkan potensi masyarakat untuk mendukung pelaksanaan PKR
Lingkungan Sebagai Sumber Belajar
1.      Sekolah dan rekan sejawat sebagai Sumber.
2.      Sekolah dan lingkungan sebagai sumber.
3.      Lingkungan sebagai sumber belajar.
4.      Masyarakat sebagai sumber belajar
1.   Presentasi kelompok 3 dan 4
2.   Pemutaran video
3.   Diskusi
Tugas Partisipasi
(kelompok 5 dan 6 mempersiapkan media dan metode untuk presentasi minggu depan)
Djalil, Aria Dkk. 2014. Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta. UT.
(Modul 3 dan 4)
3
5
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menganalisis karakteristik kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SD.
2.    Merumuskan indikator dari KD
3.    Merumuskan pengalaman belajar dan kegiatan pembelajaran
4.    Menjelaskan manfaat evaluasi program PKR
Penyusunan rencana Pembelajaran Kelas Rangkap.
1.     Analisis struktur kurikulum SD dan prosedur dasar pengembangan pembelajaran kelas rangkap.
2.     Perumusan indikator, penataan pengalaman belajar dan kegiatan pembelajaan kelas rangkap.
3.     Pemanfaatan evaluasi program PKR
1.    Presentasi kelompok 5 dan 6
2.    Tanya Jawab
Tugas Partisipasi
(Membuat RPP untuk praktek di sekolah dan untuk simulasi)

Djalil, Aria Dkk. 2014. Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta. UT.
(Modul 5 dan 6)
4
6
1.    Menjelaskan hakikat dan pentingnya keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan bagi seorang guru PKR
2.    Menjelaskan pengertian ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan
3.    Menjelaskan komponen ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan
4.    Memberi contoh setiap komponen ketrampilan
5.    Mengidentifikasi munculnya komponen ketrampilan dalam PKR
6.    Menerapkan setiap komponen ketrampilan dalam praktik PKR
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan dalam pembelajaran kelas rangkap.
1.    Hakikat keterampilanmengajar kelompok kecil dan perseorangan.
2.    Komponen Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan.
3.    Penerapan Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan.
1.    Presentasi kelompok
2.    Tanya Jawab
Tugas Partisipasi
(Membuat RPP untuk praktek di sekolah dan untuk simulasi)

Djalil, Aria Dkk. 2014. Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta. UT.
(Modul 5 dan 6)
4
7
Mempraktekkan pembelajaran kelas rangkap
Praktek pembelajaran kelas rangkap
Praktek pelaksanaan pembelajaran kelas rangkap di SD
Praktek (masing-masing mahasiswa 20 menit)
Tugas partisipasi
Djalil, Aria Dkk. 2014. Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta. UT.
5, 6, 7, dan 8





Menyetujui Kepala UPBJJ-UT Jakarta                                                                                                    Jakarta,    Maret 2016






Drs. Irlan Soelaeman, M.Ed                                                                                                                        Dr. Desi Rahmawati, M. Pd
NIP.19570822 1988111 001                                                                                                                         NIP.198612092010122004



SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke                                 : 1
Kode Mata Kuliah / SKS         : PDGK4302 / 2 SKS
SKS                                            :
Nama Tutor                               : Dr. Desi Rahmawati, M. Pd
Kompetensi Umum                  : Mahasiswa dapat  menerapkan konsep tutorial dan belajar mandiri yang efektif
Kompetensi Khusus               :
1.    Menjelaskan konsep PJJ, belajar mandiri,  dan tutorial.
2.    Menjelaskan tujuan tutorial
3.    menjelaskan jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa selama tutorial
4.    menjelaskan sistem penilaian tutorial
5.    menjelaskan ruang lingkup materi mata kuliah dengan menggunakan peta konsep
6.    menjelaskan cara membaca cepat
7.    mempraktekkan cara membaca cepat dan membaca pemahaman
8.    menjelaskan cara membuat peta konsep
9.    latihan membuat peta konsep untuk memahami isi materi modul yang sedang dipelajari.

Pokok Bahasan                       : Orientasi tutorial dan belajar mandiri yang efektif
Sub Pokok Bahasan               : 1. Ruang lingkup tutorial
                                                      2. Belajar mandiri
No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media dan sumber belajar
Waktu
1
Persiapan Tutorial
Mempersiapkan SAT, bahan presentasi, media peta konsep dan kertas HVS
2
Kegiatan Pendahuluan
Menyapa mahasiswa, menanyakan maksud mahasiswa datang di tempat tutorial, menanyakan apa yang diharapkan mahasiswa selama mengikuti tutorial.
PPT, LCD
5’
3
Kegiatan Penyajian
1.     Tutor menjelaskan konsep PJJ, belajar mandiri, tutorial, dan tujuan tutorial.
2.     Tutor menjelaskan perbedaan tutorial dengan kuliah, hal-hal yang harus dikerjakan mahasiswa selama mengikuti program tutorial, dan tata cara penilaian dalam tutorial.
3.     Tutor membuka sesi jawab dengan mahasiswa
4.     Tutor menjelaskan ruang lingkup mata kuliah dengan menggunakan peta konsep.
5.     Tutor menjelaskan cara belajar mandiri yang efektif melalui membaca cepat , membaca pemahaman dan membuat peta konsep.
6.     Mahasiswa berlatih membaca cepat dan membaca pemahaman.
7.     Mahasiswa berlatih membuat peta konsep untuk memahami isi materi modul.
8.     Mendiskusikan peta konsep yang dibuat mahasiswa
9.     Tutor memberi umpan balik atas hasil diskusi
ppt, LCD, peta konsep materi mata kuliah, penggaris, dan kertas HVS.

105’

4
Kegiatan Penutup
1.     Bersama mahasiswa merangkum dan menyimpulkan hasil tutorial
2.     Membagi mahasiswa menjadi 6 kelompok. Setiap kelompok diberi tugas membuat peta konsep dari 1 modul berikut metode dan sintaks (langkah-langkah pembelajarannya).
PPT, LCD
10’


SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke                                 : 2
Kode Mata Kuliah / SKS         : PDGK4302 / 2 SKS
SKS                                            : 2 SKS
Nama Tutor                               : Dr. Desi Rahmawati, M. Pd
Kompetensi Umum                  : Mahasiswa dapat  mengaplikasikan pembelajaran kelas rangkap di sekolah masing-masing
Kompetensi Khusus               :
1.    Menjelaskan hakikat PKR
2.    Membandingkan PKR yang ideal dan yang terjadi di lapangan
3.    Menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan PKR
4.    Menerapkan aneka model pengelolaan PKR di SD
5.    Menjelaskan prinsip-prinsip didaktik-metodik PKR
6.    Menerapkan prosedur dasar PKR
7.    Menerapkan aneka model interaksi kelas dalam PKR.
Pokok Bahasan                       :
1.    Hakikat PKR
2.    Model pengelolaan dan pembelajaran kelas rangkap di SD
Sub Pokok Bahasan               :
1.    Hakikat PKR
2.    Gambaran PKR yang ideal dan yang terjadi di lapangan
3.    Prinsip-prinsip dan model pengelolaan PKR
4.    Prinsip-prinsip didaktik-metodik dan prosedur dasar PKR
5.    Aneka model interaksi kelas rangkap dalam PKR.
No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media dan sumber belajar
Waktu
1
Persiapan Tutorial
Mempersiapkan SAT, bahan tayangan video mengenai pembelajaran kelas rangkap
2
Kegiatan Pendahuluan
·         Menyapa mahasiswa
·         Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan perkuliahan.
PPT, LCD
10’
3
Kegiatan Penyajian
  1. Tutor menginformasikan bahwa masing-masing kelompok memiliki waktu 50 menit untuk memberikan pemahaman kepada rekan-rekannya dengan metode yang sudah mereka pilih.
  2. Tutor menjadi fasilitator pembahasan modul 1 dan 2
  3. Kelompok yang memahas modul 1 dan 2 memberikan pemahaman kepada rekan-rekannya dengan metode yang sudah mereka pilih dan dengan menggunakan berbagai sumber
  4. Tutor mengkaitkan materi pada modul dengan pengalaman mahasiswa
  5. Melakukan pertukaran informasi antara tutor dengan mahasiswa
6.    Tutor menayangkan video praktek pembelajaran kelas rangkap untuk memberikan gambaran pada mahasiswa
ppt, LCD, peta konsep materi mata kuliah,video

100

4
Kegiatan Penutup
3.     Bersama mahasiswa merangkum dan menyimpulkan hasil tutorial
4.     Menginformasikan kepada kelompok 3 dan 4 untuk mempersiapkan materi dan metode yang akan digunakan ketika membahas modul 3 dan 4.
PPT, LCD
10’






SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke                                 : 3
Kode Mata Kuliah / SKS         : PDGK4302 / 2 SKS
SKS                                            : 2 SKS
Nama Tutor                               : Dr. Desi Rahmawati, M. Pd
Kompetensi Umum                  : Mahasiswa dapat  mengaplikasikan pembelajaran kelas rangkap di sekolah masing-masing
Kompetensi Khusus               :
1.    Melakukan penataan ruang kelas yang kondusif sehingga dapat memperlancar kegiatan PKR.
2.    Mengorganisasikan murid dalam kegiatan pembelajaran sehingga terjadi kegiatan belajar aktif
3.    Meningkatkan disiplin belajar murid-murid sehingga dicapai kegiatan pembelajaran yan efektif
4.    Melakukan kerja sama dengan sekolah lain dan guru-gurunya sebagai sumber
5.    Menciptakan sekolah dan lingkungannya menjadi sumber belajar.
6.    Menggunakan lingkungan sebagai sebagai sumber belajar dalam pelaksanaan PKR
7.    Memanfaatkan potensi masyarakat untuk mendukung pelaksanaan PKR
Pokok Bahasan                       :
1.     Pengorganisasian kelas
2.     Lingkungan sebagai sumber belajar

Sub Pokok Bahasan                  : 
1.    Penataan ruang kelas
2.    Pengelompokan belajar murid
3.    Disiplin kelas
4.    Sekolah dan rekan sejawat sebagai sumber
5.    Sekolah dan lingkungan sebagai sumber
6.    Lingkungan sebagai sebagai sumber belajar
7.    Masyarakat sebagai sumber belajar





No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media dan sumber belajar
Waktu
1
Persiapan Tutorial
Mempersiapkan SAT, memeriksa kehadiran mahasiswa
2
Kegiatan Pendahuluan
·         Menyapa mahasiswa
·         Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan perkuliahan.
PPT, LCD
10’
3
Kegiatan Penyajian
1.    Tutor menginformasikan bahwa masing-masing kelompok memiliki waktu 50 menit untuk memberikan pemahaman kepada rekan-rekannya dengan metode yang sudah mereka pilih.
2.    Tutor menjadi fasilitator pembahasan modul 3 dan 4
3.    Kelompok yang memahas modul 3 dan 4 memberikan pemahaman kepada rekan-rekannya dengan metode yang sudah mereka pilih dan dengan menggunakan berbagai sumber
4.    Tutor mengkaitkan materi pada modul dengan pengalaman mahasiswa
5.    Melakukan pertukaran informasi antara tutor dengan mahasiswa
6.    Tutor menayangkan video praktek pembelajaran kelas rangkap untuk memberikan gambaran pada mahasiswa
ppt, LCD, peta konsep materi kuliah

100

4
Kegiatan Penutup
1.    Bersama mahasiswa merangkum dan menyimpulkan hasil tutorial
2.    Menginformasikan kepada kelompok 5 dan 6 untuk mempersiapkan materi dan metode yang akan digunakan ketika membahas modul 5 dan 6.
PPT, LCD
10’



SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke                                 : 4
Kode Mata Kuliah / SKS         : PDGK4302 / 2 SKS
SKS                                            : 2 SKS
Nama Tutor                               : Dr. Desi Rahmawati, M. Pd
Kompetensi Umum                  : Mahasiswa dapat  mengaplikasikan pembelajaran kelas rangkap di sekolah masing-masing
Kompetensi Khusus               :
1.    Menganalisis karakteristik KTSP SD
2.    Merumuskan indikator dari KD
3.    Merumuskan pengalaman belajar dan kegiatan pembelajaran
4.    Menjelaskan manfaat evaluasi program PKR
5.    Menjelaskan pentingnya ketr mengajar kelompok kecil dan perseorangan bagi guru PKR
6.    Menjelaskan pengertin ketr mengajar kelompok kecil dan perseorangan
7.    Menjelaskan komponen ketr mengajar kelompok kecil dan perseorangan
8.    Memberi contoh setiap komponen ketr mengajar kelompok kecil dan perseorangan
9.    Mengidentifikasi munculnya kompoen ketr dalam PKR
10. Menerapkan setiap komponen ketr dalam praktik PKR
Pokok Bahasan                       : 1. Penyusunan rencana pembelajaran kelas rangkap
                                                      2. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan dalam pembelajaran kelas rangkap

Sub Pokok Bahasan                : 
1.    Analisis strktur kur SD dan prosedur dasar pengembangan PKR
2.    Perumusan indikator, penataan pengalaman belajar dan kegiatan PKR
3.    Pemanfaatan evaluasi program PKR
4.    Hakikat ketr mengajar kelompok kecil dan perseorangan
5.    Komponen ketr mengajar kelompok kecil dan perseorangan
6.    Penerapan ketr mengajar kelompok kecil dan perseorangan






No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media dan sumber belajar
Waktu
1
Persiapan Tutorial
Mempersiapkan SAT, memeriksa kehadiran mahasiswa
2
Kegiatan Pendahuluan
·         Menyapa mahasiswa
·         Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan perkuliahan.
PPT, LCD
10’
3
Kegiatan Penyajian
1.    Tutor menginformasikan bahwa masing-masing kelompok memiliki waktu 50 menit untuk memberikan pemahaman kepada rekan-rekannya dengan metode yang sudah mereka pilih.
2.    Tutor menjadi fasilitator pembahasan modul 5 dan 6
3.    Kelompok yang memahas modul 5 dan 6 memberikan pemahaman kepada rekan-rekannya dengan metode yang sudah mereka pilih dan dengan menggunakan berbagai sumber
4.    Tutor mengkaitkan materi pada modul dengan pengalaman mahasiswa
5.    Melakukan pertukaran informasi antara tutor dengan mahasiswa
6.    Tutor menayangkan video praktek pembelajaran kelas rangkap untuk memberikan gambaran pada mahasiswa
ppt, LCD, peta konsep materi kuliah

100

4
Kegiatan Penutup
1.    Bersama mahasiswa merangkum dan menyimpulkan hasil tutorial
2.    Menginformasikan kepada mahasiswa untuk mulai melaksanakan praktek pembelajaran kelas rangkap di sekolah dan simulasi di kelas pada pertemuan 5 s.d 8
PPT, LCD
10’


                                                                                                                                                       




SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke                                 : 5 s.d 8
Kode Mata Kuliah / SKS         : PDGK4302 / 2 SKS
SKS                                            : 2 SKS
Nama Tutor                               : Dr. Desi Rahmawati, M. Pd
Kompetensi Umum                  : Mahasiswa dapat  mengaplikasikan pembelajaran kelas rangkap di sekolah masing-masing
Kompetensi Khusus               : Melakukan simulasi pembelajaran kelas rangkap
Pokok Bahasan                       : Praktek PKR

Sub Pokok Bahasan            :  Prakek pelaksanaan pembelajaran kelas rangkap di SD

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media dan sumber belajar
Waktu
1
Persiapan Tutorial
Mempersiapkan SAT, memeriksa kehadiran mahasiswa
2
Kegiatan Pendahuluan
·         Menyapa mahasiswa
·         Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan perkuliahan.
PPT, LCD
5’
3
Kegiatan Penyajian
1.    Setiap mahasiswa melakukan praktek pembelajaran kelas rangkap dengan durasi waktu 20 menit
2.    Mahasiswa mendapatkan feedback dari tutor dan sesama mahasiswa
3.    Tutor mengecek kelengkapan berkas yang harus dikumpulkan
4.      Mahasiswa melengkapi berkas yang masih harus diperbaiki
PPT, LCD, lembar penilaian simulasi PKR

110

4
Kegiatan Penutup
3.    Bersama mahasiswa melakukan refleksi hasil simulasi
4.    Menginformasikan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan RPP dan media yang diperlukan dalam simulasi PKR
PPT, LCD
5’



Tidak ada komentar:

Posting Komentar