RENCANA PEMBELAJARAN
SEMESTER
Universitas
|
:
|
Universitas
Negeri Jakarta
|
Fakultas
|
:
|
|
Jurusan
|
:
|
|
Program
Studi
|
:
|
|
Mata
Kuliah
|
:
|
Profesi
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
Bobot/Sks
|
:
|
2 SKS
|
Kode
Mata Kuliah
|
:
|
|
Sifat
|
:
|
Mata kuliah konseptual/teoritik)
|
Pra-Syarat
|
:
|
Landasan Pendidikan
|
Semester
|
:
|
|
Periode Kuliah
|
:
|
|
Jumlah
Pertemuan tatap muka
|
:
|
16
Kali, @ 100 Menit
|
Jadwal Kuliah
|
:
|
|
Ruang
|
:
|
|
Dosen
Pengampu
|
:
|
Tim Dosen MKDK (Dr. Desi Rahmawati, M. Pd)
|
|
|
|
A. TUJUAN
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami, menjelaskan,
menganalisis tentang konsep profesi, syarat-syarat profesi, kode etik profesi,
organisasi profesi, profesi pendidik dan tenaga kependidikan, kualifikasi dan kompetensi,
jenis-jenis pendidik dan tenaga kependidikan, kode etik pendidik dan tenaga
kependidikan, pembinan karir pendidik dan tenaga kependidikan dan organisasi
kependidikan.
B. DESKRIPSI
Mata kuliah ini mempelajari
tentang konsep
profesi, syarat-syarat profesi, kode etik profesi, organisasi profesi, profesi
pendidik dan tenaga kependidikan, kualifikasi dan kompetensi, jenis-jenis
pendidik dan tenaga kependidikan, kode etik pendidik dan tenaga kependidikan, pembinan
karir pendidik dan tenaga kependidikan dan organisasi kependidikan.
C. KOMPETENSI MATA KULIAH (COURSES
LEARNING OUTCOME)
1) Mampu
menjelaskan konsep profesi, syarat-syarat
profesi, kode etik profesi, dan organisasi profesi.
2) Mampu
menganalisis profesi pendidik, kualifikasi, kompetensi, jenis-jenis, kode etik,
serta pembinaan karir pendidik.
3) Mampu
menganalisis profesi tenaga kependidikan, kualifikasi, kompetensi, jenis-jenis,
kode etik, serta pembinaan karir tenaga kependidikan.
4) Mampu
menyebutkan jenis-jenis organisasi profesi pendidik dan tenaga kependidikan
5) Mampu
menjelaskan struktur organisasi mulai dari tingkat nasional hingga tingkat
satuan pendidikan/sekolah.
D. SUBSTANSI KAJIAN (TOPIK BAHASAN)
1) Konsep
profesi, syarat-syarat profesi (pertemuan
1)
2) Kode
etik profesi dan organisasi profesi (pertemuan 2)
3) Pengertian
pendidik (guru, dosen, widyaiswara, pamong belajar, instruktur) kualifikasi dan
kompetensi pendidik secara umum (pertemuan 3)
4) Jenis-jenis
pendidik, kualifikasi dan kompetensi pendidik pendidik formal dan non formal (pertemuan
4-5)
a. Jenis-jenis
pendidik, kualifikasi pendidik
b. Kompetensi guru paud, SD, dan bidang studi
5) Kode
etik pendidik (KEGI) dan tugas guru (pertemuan
6)
6) Pembinaan
karir pendidik: jenjang karir, sertifikasi guru
dalam jabatan dan PPG pra jabatanรจ permeneg pan dan RB no. 16 tahun 2009 dan permendikbud no. 87 tahun
2013 (pertemuan 7)
7) Pembinaan
karir pendidik: kepangkatan, evaluasi kinerja permeneg pan dan RB no. 16 tahun 2009 (pertemuan
8-9)
8) Pengertian
tenaga kependidikan, kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan formal dan non formal (pertemuan
11-12)
a. Pengertian
tenaga kependidikan, kualifikasi
tenaga kependidikan
b. kompetensi
tenaga kependidikan formal
dan non formal
9) Kode
etik tenaga kependidikan (pertemuan 13)
10) Pembinaan
karir tenaga kependidikan: jenjang karir, kepangkatan dan evaluasi kinerja (pertemuan
14)
a.
jenjang karir, kepangkatan tenaga kependidikan
b.
evaluasi kinerja tenaga kependidikan
11) struktur organisasi mulai tingkat nasional
hingga tingkat satuan pendidikan/sekolah (pertemuan 15)
E. STRATEGI
Pembelajaran
akan dilakukan dengan strategi student active learning. Dosen akan
mendorong dan memfasilitasi mahasiswa untuk
aktif mencari dan menemukan berbagai konsep yang harus dikuasai. Untuk
memenuhi kondisi tersebut, ada 4 kegiatan
utama yang akan dilaksanakan dalam perkuliahan:
1. Presentasi
(penyajian) materi oleh dosen. Dosen mempresentasikan materi di 1 kali
pertemuan pertama. Materi yang dipresentasikan
adalah kontrak kuliah, garis besar keseluruhan konsep/materi
yang akan dipelajari dalam satu semester. Pembagian tugas (individu dan kelompok) juga
diinformasikan dan disepakati pada pertemuan ke-1. Pada setiap
diskusi kelas dosen juga mempunyai
kewajiban untuk menyajikan paparan sebagai klarifikasi atas materi
yang dibahas dalam diskusi kelas.
2. Penugasan.
Mencakup penugasan membuat paper, membuat resume perkuliahan, tugas studi
kasus, dan tugas
lain yang relevan.
3. Diskusi
kelas. Setiap kelompok mendapat kesempatan untuk presentasi paper kelompok
dalam diskusi kelas. Pada setiap akhir diskusi kelas, dosen harus memberikan
presentasi untuk mengklarifikasi materi yang dibahas dalam diskusi.
4. E-learning. Pada saat
perkuliahan tatap muka tidak dapat dilangsungkan karena suatu alasan.
Pembelajaran dapat dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh.
F. TAGIHAN
Ada beberapa
tugas (sebagai tagihan) yang harus dikerjakan dan diserahkan oleh mahasiswa,
selama mengikuti perkuliahan, yaitu:
1. Membuat
paper kelompok. Kelas dibagi ke
dalam beberapa
kelompok. Setiap kelompok ditugaskan untuk membuat paper tentang topik
tertentu. Topik diambil dari daftar substansi kajian yang telah ditetapkan.
Paper disajikan dalam diskusi kelas.
2. Membuat
laporan studi kasus. Setiap mahasiswa ditugaskan untuk melakukan studi kasus,
sebagai tugas akhir perkuliahan. Tugas dan pedoman studi kasus disosialisasikan
di awal perkuliahan. Mahasiswa memiliki waktu untuk studi kasus sepanjang
semester.
3. Tugas-tugas lain sesuai arahan
dosen.
G. PENILAIAN
Evaluasi melalui penilaian proses dan produk,
penilaian proses dilakukan dengan mengakses kegiatan diskusi, brainstorming, partisipasi perkuliahan,
penilaian produk dalam bentuk produk makalah, laporan dan hasil ujian tertulis.
Nilai akhir ditentukan dengan
ร
Kehadiran 10%
ร
Sikap dan perillaku: disiplin, etika,
dll 15%
ร
Tugas: individu dan kelompok 30%
ร
Ujian Tengah Semester 20%
ร
Ujian Akhir Semester 25%
H. PERATURAN (TATA TERTIB)
1.
Mahasiswa
hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan
ideal. Setiap
mahasiswa harus aktif dan partisipatif
dalam perkuliahan.
2.
Dosen
dan Mahasiswa diusahakan tiba di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati, adapun
jika terlambat, toleransi keterlambatan hanya 15 menit.
3.
Ada
pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
4.
Selama
perkuliahan berlangsung, HP dalam posisi off
atau silent.
5.
Meminta
izin (dengan
cara mengangkat tangan)
jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan
lain.
6.
Saling
menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/kerusakan dalam kelas.
7.
Tidak
boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.
8.
Menggunakan
pakaian
9.
Mahasiswa
MKDK wajib berpakaian sopan, sesuai etika (tidak ketat/tidak membentuk lekuk
tubuh)
10. Mahasiswa MKDK berpakaian :
Pria : kemeja/batik dan celana
bahan
Wanita : blouse/batik/blazer dan
rok/celana bahan
11. Pakaian yang digunakan tidak
boleh berbahan jeans/kaos
12. Mahasiswa MKDK wajib memakai
sepatu
13. Mahasiswa MKDK tidak membuat
gaduh/suara ribut di dalam dan di luar kelas
14. Mahasiswa MKDK wajib
memelihara kebersihan di luar dan di dalam kelas
15. Mahasiswa MKDK dilarang makan
dan minum di dalam kelas
16. Mahasiswa MKDK dilarang
merokok di dalam dan di luar kelas
17. Mahasiswa MKDK dilarang tidur
di dalam kelas perkuliahan
I. SUMBER (REFERENSI)
Andrew
Walsh and Padma Inala, Active Learning Techniques for Librarian, UK:
Chandos Publishing, 2010
Beth
Luey. A different kind of Profession. Canada:Univeristy of Toronto,
2008.
Edwin
B. Flippo, Personnel Management
Hoyle
and Megarry. A Code of Conduct for Success and
Happiness in Your Professional Life TIPS FOR Graduates Revised Edition Susan
Morem. New
York : ferguson, 2010.
Katherine
Cheshire and David Pligrim, A Short Introduction to Clinical Psychology,
London: Sage Publication, 2004
Permendiknas
no.47 tahun 2007 tentang inpassing jabatan guru
Permeneg
PAN & RB No. 16/2009
Pokok-Pokok
kepegawaian PNS 2012.
PP
No. 13 tahun 2015 tentang perubahan kedua SNP
Rugaiyah,
Profesi Kependidikan, Bogor: Ghalia Indonesia, 2012.
Sylvia
Cruesss, R, dkk. Profession a working
definition for medical educator. Canada:McGill University, 2003.
UU
No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara
Werther
dan Davis, Human Resources and Personnel
Management, 2006
J. SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Pert.ke
(tgl.)
|
Capaian Pembelajaran
|
Substansi Kajian
(materi)
|
Kegiatan
(Strategi/metode)
|
Alokasi waktu
|
Sumber dan Media
|
Tagihan/
Penilaian
|
1
|
Mampu
menjelaskan konsep profesi,
syarat-syarat profesi, kode etik profesi, dan organisasi profesi
|
Konsep
profesi, syarat-syarat profesi
|
pemberian wawasan, brainstorming,
mengkaji literatur
|
100’
|
}
Rugaiyah,
Profesi Kependidikan, Bogor: Ghalia
Indonesia, 2012.
}
Katherine
Cheshire and David Pligrim, A Short Introduction to Clinical Psychology,
London: Sage Publication, 2004
}
Andrew
Walsh and Padma Inala, Active Learning Techniques for Librarian, UK:
Chandos Publishing, 2010
}
Hoyle
and Megarry. A
Code of Conduct for Success and Happiness in Your Professional Life TIPS FOR
Graduates Revised Edition Susan Morem. New York : ferguson, 2010.
}
Beth
Luey. A different kind of Profession. Canada:Univeristy of Toronto,
2008.
}
Sylvia
Cruesss, R, dkk. Profession a
working definition for medical educator. Canada:McGill University, 2003.
|
Penilaian
Otentik
|
2
|
Mampu
menjelaskan konsep profesi,
syarat-syarat profesi, kode etik profesi, dan organisasi profesi
|
Kode
etik profesi dan organisasi profesi
|
Pemberian wawasan,
brainstorming
diskusi presentasi,
mengkaji literatur
|
100’
|
}
Rugaiyah,
Profesi Kependidikan, Bogor: Ghalia
Indonesia, 2012.
}
Katherine
Cheshire and David Pligrim, A Short Introduction to Clinical Psychology,
London: Sage Publication, 2004
}
Andrew
Walsh and Padma Inala, Active Learning Techniques for Librarian, UK:
Chandos Publishing, 2010
}
Hoyle
and Megarry. A
Code of Conduct for Success and Happiness in Your Professional Life TIPS FOR
Graduates Revised Edition Susan Morem. New York : ferguson, 2010.
}
Beth
Luey. A different kind of Profession. Canada:Univeristy of Toronto,
2008.
}
Sylvia
Cruesss, R, dkk. Profession a
working definition for medical educator. Canada:McGill University, 2003.
|
Penilaian
Otentik
|
3
|
Mampu
menganalisis profesi pendidik, kualifikasi, kompetensi, jenis-jenis, kode
etik, serta pembinaan karir pendidik
|
Pengertian
pendidik, kualifikasi dan kompetensi pendidik secara umum
|
Pemberian wawasan,
brainstorming
diskusi presentasi/ survey,
mengkaji literatur,
menilai dan merespon makalah
|
100’
|
}
Rugaiyah,
Profesi Kependidikan, Bogor: Ghalia
Indonesia, 2012.
|
Tes
tertulis,
penilaian
otentik,
menyusun
makalah.
|
4 - 5
|
Mampu
menganalisis profesi pendidik, kualifikasi, kompetensi, jenis-jenis, kode etik,
serta pembinaan karir pendidik
|
Jenis-jenis
pendidik, kualifikasi dan kompetensi pendidik pendidik formal dan non formal
|
Pemberian wawasan,
brainstorming
diskusi presentasi/ survey,
mengkaji literatur,
menilai dan merespon makalah
|
100’
|
}
Rugaiyah,
Profesi Kependidikan, Bogor: Ghalia
Indonesia, 2012.
|
Tes
tertulis,
penilaian
otentik,
menyusun
makalah.
|
6
|
Mampu
menganalisis profesi pendidik, kualifikasi, kompetensi, jenis-jenis, kode
etik, serta pembinaan karir pendidik
|
Kode
etik pendidik
|
Pemberian wawasan,
brainstorming
diskusi presentasi/ survey,
mengkaji literatur,
menilai dan merespon makalah
|
100’
|
}
Rugaiyah,
Profesi Kependidikan, Bogor: Ghalia
Indonesia, 2012.
}
KEGI
2013
|
Tes
tertulis,
penilaian
otentik,
menyusun
makalah.
|
7
|
Mampu
menganalisis profesi pendidik, kualifikasi, kompetensi, jenis-jenis, kode
etik, serta pembinaan karir pendidik
|
Pembinaan
karir pendidik: jenjang karir, sertifikasi
|
Pemberian wawasan,
brainstorming
diskusi presentasi/ survey,
mengkaji literatur,
menilai dan merespon makalah
|
100’
|
} Rugaiyah, Profesi Kependidikan, Bogor: Ghalia
Indonesia, 2012
} Permeneg PAN & RB No. 16/2009
|
Tes
tertulis,
penilaian
otentik,
menyusun
makalah.
|
8 - 9
|
Mampu
menganalisis profesi pendidik, kualifikasi, kompetensi, jenis-jenis, kode
etik, serta pembinaan karir pendidik
|
Pembinaan karir pendidik:
kepangkatan, evaluasi kinerja
|
Pemberian wawasan,
brainstorming
diskusi presentasi/ survey,
mengkaji literatur,
menilai dan merespon makalah
|
100’
|
} Rugaiyah, Profesi Kependidikan, Bogor: Ghalia
Indonesia, 2012
} PP No. 13 tahun 2002
} cari SKP PNS Permendiknas
no.47 tahun 2007 tentang inpassing jabatan guru
|
Tes
tertulis,
penilaian
otentik,
menyusun
makalah.
|
10
|
|
|
UTS
|
|
|
|
11 - 12
|
Mampu
menganalisis profesi tenaga kependidikan, kualifikasi, kompetensi,
jenis-jenis, kode etik, serta pembinaan karir tenaga kependidikan
|
Pengertian
tenaga kependidikan, kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan formal
dan non formal
|
Pemberian wawasan,
brainstorming
diskusi presentasi/ survey,
mengkaji literatur,
menilai dan merespon makalah
|
100’
|
} Pokok-Pokok kepegawaian PNS
2012.
} UU no. 5 tahun 2014 tentang
aparatur sipil negara
} PP No. 13 tahun 2015 tentang
perubahan kedua SNP
|
Tes
tertulis,
penilaian
otentik,
menyusun
makalah.
|
13
|
Mampu
menganalisis profesi tenaga kependidikan, kualifikasi, kompetensi,
jenis-jenis, kode etik, serta pembinaan karir tenaga kependidikan
|
Kode
etik tenaga kependidikan
|
Pemberian wawasan,
brainstorming
diskusi presentasi/ survey,
mengkaji literatur,
menilai dan merespon makalah
|
100’
|
} Pokok-Pokok kepegawaian PNS
2012.
} UU no. 5 tahun 2014 tentang
aparatur sipil negara
|
Tes
tertulis,
penilaian
otentik,
menyusun
makalah.
|
14
|
Mampu
menganalisis profesi tenaga kependidikan, kualifikasi, kompetensi, jenis-jenis,
kode etik, serta pembinaan karir tenaga kependidikan
|
Pembinaan
karir tenaga kependidikan: jenjang karir, kepangkatan dan evaluasi kinerja
|
Pemberian wawasan,
brainstorming
diskusi presentasi/ survey,
mengkaji literatur,
menilai dan merespon makalah
|
100’
|
} Rugaiyah, profesi
kependidikan, Bogor: Ghalia Indonesia, 2012.
} Werther dan Davis, Human Resources And Personnel Management,
2006
} Edwin B. Flippo, Personnel Management
|
Tes
tertulis,
penilaian
otentik,
menyusun
makalah.
|
15
|
} Mampu menyebutkan jenis-jenis
organisasi profesi pendidik dan tenaga kependidikan
} Mampu menjelaskan struktur
organisasi mulai dari tingkat nasional hingga tingkat satuan
pendidikan/sekolah.
|
} Organisasi profesi pendidik
dan tenaga kependidikan
} Struktur organisasi mulai tingkat
nasional hingga tingkat satuan pendidikan/sekolah
|
Pemberian wawasan,
brainstorming
diskusi presentasi/ survey,
mengkaji literatur,
menilai dan merespon makalah
|
100’
|
|
Tes
tertulis,
penilaian
otentik,
menyusun
makalah.
|
16
|
|
|
UAS
|
|
|
|
Jakarta,
2016
Dosen,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar