SILABUS
Dosen :
Dr. Desi Rahmawati, M.Pd
Matakuliah :
Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan (3 sks)
Tujuan : Mengembangkan kompetensi pengelola
pendidikan yang memiliki sikap-sikap profesional dalam bidang perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan pendidikan sesuai
lingkup tugasnya.
Deskripsi :
Membahas tentang konsep perencanaan dan perencanaan pendidikan, sejarah perkembangan perencanaan pendidikan jenis dan jenjang perencanaan
pendidikan proses perencanaan pendidikan, peran dan fungsi perencanaan pendidikan,
pendekatan perencanaan pendidikan, aspek-aspek dalam perencanaan pendidikan, perencanaan strategis dalam pendidikan, ruang lingkup perencanaan pendidikan
Rujukan :
1.
Matin, Perencanaan
Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo, 2011.
2.
Enoch, Jusuf.
Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
3.
Indar, H.M.
Djumberansyah. Perencanaan Pendidikan: Strategi & Implementasinya,1990.
4.
Sunarya, Endang. Teori
Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem, Yogyakarta: Adicita Karya
Nusa, 2000.
5.
Module 1, Educational
Planning For Development: Approaches And Challenges, Distance Education
Programme On Education Sector Planning, International Institute For Educational
Planning (IIEP) UNESCO, 2012.
6.
Module 2, Satistics for
educational planning, International Institute For Educational Planning (IIEP)
UNESCO, 2012.
7.
Module 3, Educational
Sector Diagnosis, International Institute For Educational Planning (IIEP)
UNESCO, 2012.
8.
Module 4, Analysing And
Choosing Among Policy Options: Improving Access, Equity, Quality In Education,
International Institute For Educational Planning (IIEP) UNESCO, 2012.
9.
Module 5, Projection
And Scenario Building, International Institute For Educational Planning (IIEP)
UNESCO, 2012.
10. Module
6, Monitoring And Evaluation Of The Education Sector Plan, International
Institute For Educational Planning (IIEP) UNESCO, 2012.
11. Coombs,
Philip H. Apakah Perencanaan Pendidikan
Itu?. Terjemahan Istiwidyanti. Jakarta: Bhratara Karya Aksara, 1987.
12. Steller,
Arthur W, Educational Planning For Educational Success, Indiana: Phi Delta
Kappa, 1980.
13. Vembriarto,
ST. Pengantar Perencanaan Pendidikan.
Jakarta: Grasindo, 1993.
14. Enoch,
Jusuf. Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
15. Indar,
H.M. Djumberansyah. Perencanaan Pendidikan: Strategi &
Implementasinya,1990.
16. Sunarya,
Endang. Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem, Yogyakarta:
Adicita Karya Nusa, 2000.
17. Akdon,
2006, Strategic Management for
Educational Management, Bandung: Alfabeta.
18. Bryson
John M., 2004, Strategic Planning for
Public and Nonprofit Organizations, A Guide to Strengthening and Sustaining
Organizational Achievement, USA: Jossey-Bass.
19. David
Fred R., 2004, Manajemen Strategis,
Konsep-konsep, Jakarta: PT. Indeks, Gramedia.
20. Goodstein,
Leonard D., Timothy M. Nolan, J. William Pfeiffer, 1993, Applied Strategic Planning, New York: McGraw-Hill, Inc.
21. Haines
Stephen G., 2000, The systems Thinking
Approach to Strategik Planning and Management, Florida: CRC Press LLC.
22. J.
Salusu, 1998, Pengambilan Keputusan
Stratejik, Jakarta: Grasindo.
23. Mintzberg
Henry, 1994, The Rise and Fall of
Strategic Planning, Reconceiving Roles for Planning, Plans, Planners,
Toronto: Maxwell Macmillan.
24. Morissey,
1996, Morissey on Planning: A Guide to
Long-Range Planning, California: George L. Morrisey and Jossey-Bass Inc.
25. Sagala
Syaiful, 2007, Manajemen Strategik dalam
Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
26. Tampubolon
Daulat P., 2001, Perguruan Tinggi Bermutu,
Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21, Jakarta:
PT. Gramedia Pustaka Utama.
27. Udin
Syaefudin Saud, Abin Syamsudin, 2005, Perencanaan
Pendidikan, Suatu Pendekatan Komprehensif, Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
28. Wheelen
Thomas L., David Hunger, 2002, Strategic
Management and Business Policy, Concepts, New Jersey: Pearson Education
Inc.
29. Jeffrey
A. Mello, 2011, Strategic Management of
Human Resources, South-Western Cengange Learning.
KBM
Pert
|
Keg./Materi
|
Strategi
|
1.
|
-Kontrak kuliah
-Pengertian Perencanaan
-Pengertian Perencanaan Pendidikan
-Pentingnya Perencanaan Pendidikan
-Peran dan Fungsi Perencanaan Pendidikan
|
Ceramah, tanya Jawab, diskusi
|
2
|
-Sejarah Perencanaan Pendidikan
-Jenis dan Jenjang Perencanaan Pendidikan
|
Ceramah, tanya Jawab, diskusi
|
3-4
|
- Proses Perencanaan Pendidikan
- Pendekatan Perencanaan Pendidikan
- Aspek dalam Perencanaan Pendidikan
|
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
|
5-6
|
-Perencanaan strategis dalam pendidikan
-Langkah-langkah dalam membuat perencanaan
strategis
-Hubungan perencanaan pendidikan dengan
perencanaan strategis
|
Diskusi, bedah rensta institusi pendidikan
mulai dari kemendikbud sampai tingkat satuan pendidikan
|
7
|
Rencana Pengembangan Sekolah
|
Bedah RPS
|
8
|
UTS
|
|
9-10
|
Perencanaan Kurikulum
Perencanaan peserta didik
|
Presentasi kelompok
|
11-12
|
Perencanaan sarana dan prasarana
Perencanaan keuangan
|
Presentasi kelompok
|
13
|
Perencanaan pendidik dan tenaga kependidikan
|
|
15
|
Diagnosis sector pendidikan (education sector
diagnosis)
|
|
16
|
UAS
|
|
Kewajiban Mahasiswa
Mahasiswa wajib menghadiri kuliah tatap
muka minimal 75 %, mengerjakan tugas-tugas perkuliahan, berpakaian rapih dan sopan,
mentaati semua ketentuan peraturan perkuliahan.
Tagihan (Tugas-tugas)
Setiap mahasiswa menyerakan paper
individual untuk dua topik berbeda, membuat makalah untuk prestasi kelompok.
Penilaian
a. Kehadiran + Aktivitas dikelas : 20 %
b. Tugas-tugas (makalah + paper) : 20 %
c. Ujian Tengah Semester : 30 %
d. Ujian Akhir Semester : 30 %
Tidak ada komentar:
Posting Komentar