RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
|
|||||||
2015
|
|||||||
Nama Mata Kuliah
|
: Pembelajaran Terpadu di SD
|
||||||
Kode Matakuliah / SKS
|
: PDGK4205/2
|
||||||
Nama Tutor
|
: Desi Rahmawati, M. Pd
|
||||||
Deskripsi Singkat Matakuliah
|
: Membahas tentang konsep dasar
dan model-model pembelajaran terpadu, prosedur umum pembelajaran terpadu,
keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran terpadu, perancangan
pembelajaran terpadu, penilaian dalam pembelajaran terpadu dan praktek
pembelajaran terpadu.
|
||||||
Kompetensi Umum
|
: Setelah mengikuti mata kuliah
ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat dan model-model
pembelajaran terpadu, menjelaskan prosedur umum pembelajaran terpadu di SD, menerapkan komponen-komponen
keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran terpadu di SD, menyusun
rancangan pembelajaran terpadu, mengembangkan alat evaluasi dalam
pembelajaran terpadu dan mempraktekkan pembelajaran terpadu.
|
||||||
No.
|
Kompetensi
Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok
Bahasan
|
Metode Tutorial
|
Tugas Tutorial
|
Daftar Pustaka
|
Tutorial Ke
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
1
|
mahasiswa diharapkan mampu
menjelaskan hakikat dan model-model pembelajaran terpadu.
|
Konsep dasar dan model-model
pembelajaran terpadu
|
1.1 Konsep dasar dan model-model
pembelajaran terpadu
1.2. Model-model pembelajaran terpadu.
|
Diskusi
|
120 Menit
|
Hernawan, Asep Herry, Dkk. 2009.
Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta. UT.
|
1
|
2
|
mahasiswa diharapkan mampu
menjelaskan prosedur umum pembelajaran terpadu.
|
prosedur umum pembelajaran
terpadu.
|
2.1. Kegiatan pendahuluan
dalam pembelajaran terpadu.
2.2. Kegiatan inti dalam pembelajaran terpadu. 2.3. Kegiatan akhir dan tindak
lanjut dalam pembelajaran terpadu.
|
Diskusi, pemutaran video
|
120 Menit
|
Hernawan, Asep Herry, Dkk. 2009.
Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta. UT.
|
2
|
3
|
mahasiswa diharapkan mampu
mempraktekkan keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran terpadu.
|
Keterampilan dasar mengajar
dalam pembelajaran terpadu
|
3.1. Keterampilan membuka dan
menutup pelajaran dalam pembelajaran terpadu. 3.2.
Keterampilan menjelas-kan dan bertanya dalam pembelajaran terpadu. 3.3.
Keterampilan memberi penguatan dan variasi dalam pembelajaran terpadu.
|
Diskusi, simulasi
|
120 Menit
|
Hernawan, Asep Herry, Dkk. 2009.
Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta. UT.
|
3
|
4
|
mahasiswa diharapkan mampu
menyusun rancangan pembelajaran terpadu
|
Perancangan pembelajaran terpadu
|
4.1. Tahapan perancangan
pembelajaran terpadu. 4.2. Silabus dan satuan pembelajaran terpadu.
|
Diskusi, praktek menyusun RPP
|
120 Menit
|
Hernawan, Asep Herry, Dkk. 2009.
Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta. UT.
|
4 dan 5
|
5
|
mahasiswa diharapkan mampu
mengembangkan alat evaluasi dalam pembelajaran terpadu
|
Penilaian dalam pembelajaran
terpadu
|
5.1. Konsep, prinsip dan sasaran
penilaian dalam pembelajaran terpadu. 5.2. Prosedur
pengembangan dan format penilaian pembelajaran terpadu di SD
|
Diskusi
|
120 Menit
|
Hernawan, Asep Herry, Dkk. 2009.
Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta. UT. Permendikbud No. 104 Tahun
2014 tentang Penilaian autentik
|
6
|
6
|
mahasiswa diharapkan mampu
mempraktekkan pembelajaran terpadu
|
Praktek pembelajaran terpadu.
|
6.1. Praktek merancang
pembelajaran terpadu di SD 6.2.
praktek pelaksanan pem-belajaran terpadu di SD
|
Praktek
|
120 Menit
|
Hernawan, Asep Herry, Dkk. 2009.
Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta. UT.
|
7 dan 8
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
I
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4205/Pembelajaran
Terpadu di SD
|
SKS
|
:
|
2
|
Nama Tutor
|
:
|
Desi Rahmawati,
M. Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Setelah mengikuti mata kuliah
ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan hakikat dan model-model
pembelajaran terpadu.
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Setelah mengikuti mata kuliah
ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan:
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Konsep dasar dan model-model
pembelajaran terpadu
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
§ Konsep
dasar pembelajaran terpadu.
§ Model-model pembelajaran terpadu.
|
Persiapan Tutorial:
|
Persiapan:
|
§ Memeriksa
kesiapan mahasiswa
§ Memeriksa
kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
Pendahuluan:
|
·
Menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dan rencana kegiatan.
·
Menjelaskan tujuan pertemuan
bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam
belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.
|
Pelaksanaan/Penyajian:
|
·
Tutor
menyajikan materi yang saat ini dibahas dengan menampilkan mind map yang
sudah di buat
·
Tutor
mengkaitkan materi dengan pengalaman mahasiswa
·
Setelah
itu dilakukan tanya jawab dan pertukaran informasi antara tutor dengan
mahasiswa
·
|
Penutup:
|
·
Menyimpulkan proses dan hasil tutorial.
·
Menilai
penguasaan mahasiswa terhadap materi.
·
Meminta
setiap mahasiswa membuat rumusan topik.
·
Memberi
kesempatan bertanya informasi, arahan dan kegiatan.
·
Menyebutkan
pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta
mahasiswa mempelajari modul yang relevan dengan pokok bahasan tersebut.
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
2
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4205/Pembelajaran
Terpadu di SD
|
SKS
|
:
|
2
|
Nama Tutor
|
:
|
Desi Rahmawati,
M. Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Setelah mengikuti mata kuliah
ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prosedur umum pembelajaran
terpadu.
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Setelah
mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan makna kegiatan pendahuluan dalam
pembelajaran terpadu.
2.
Memberikan contoh bentuk-bentuk kegiatan pendahuluan
dalam pembelajaran terpadu.
3.
Menjelaskan makna kegiatan inti dalam pembelajaran
terpadu.
4.
Memberikan contoh bentuk kegiatan inti dalam
pembelajaran terpadu.
5.
Menjelaskan makna kegiatan akhir dan tindak lanjut
dalam pembelajaran terpadu.
6.
Memberikan contoh bentuk-bentuk kegiatan akhir dan
tindak lanjut dalam pembelajaran terpadu.
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Prosedur umum pembelajaran
terpadu.
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
|
Persiapan:
|
||
§ Memeriksa
kesiapan mahasiswa
§ Memeriksa
kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
||
Pendahuluan:
|
||
·
Menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dan rencana kegiatan.
·
Menjelaskan tujuan pertemuan
bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam
belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.
·
Membangkitkan
minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
|
||
Pelaksanaan/Penyajian:
|
||
·
Tutor
memutarkan video yang relevan dengan materi yang saat ini dibahas
·
Tutor
membagi mahasiswa ke dalam 4 kelompok. masing-masing kelompok menilai video
yang telah diputarkan. Aspek yang dinilai adalah kemampuan guru dalam melakukan
pendahuluan, penyajian dan menutup pelajaran
·
Setelah
itu hasil diskusi masing-masing kelompok di presentasikan
|
||
Penutup:
|
||
·
Menyimpulkan proses dan hasil tutorial.
·
Menilai
penguasaan mahasiswa terhadap materi.
·
Meminta
mahasiswa menyimpulkan materi yang
sudah dibahas
·
Memberi
kesempatan bertanya informasi, arahan dan kegiatan.
·
Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas
pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa mempelajari modul yang
relevan dengan pokok bahasan tersebut.
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
3
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4205/Pembelajaran
Terpadu di SD
|
SKS
|
:
|
2
|
Nama Tutor
|
:
|
Desi Rahmawati,
M. Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Setelah mengikuti mata kuliah
ini mahasiswa diharapkan mampu komponen-komponen keterampilan dasar mengajar
pembelajaran terpadu
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Setelah
mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan manfaat, berbagai komponen dan prinsip penggunaan keterampilan
membuka dan menutup pelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu di
sekolah dasar.
2.
Menjelaskan manfaat, berbagai komponen dan prinsip
penggunaan keterampilan bertanya dan menjelaskan dalam pembelajaran
terpadu di sekolah dasar.
3.
Menjelaskan manfaat, berbagai komponen dan
prinsip-prinsip penggunaan keterampilan memberi penguatan dan mengadakan
variasi dalam pembelajaran terpadu di sekolah dasar.
|
Pokok Bahasan
|
:
|
keterampilan dasar mengajar
pembelajaran terpadu
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
|
Persiapan:
|
||
§ Memeriksa
kesiapan mahasiswa
§ Memeriksa
kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
||
Pendahuluan:
|
||
·
Menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dan rencana kegiatan.
·
Menjelaskan tujuan pertemuan
bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam
belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.
·
Membangkitkan
minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
|
||
Pelaksanaan/Penyajian:
|
||
·
Tutor
memutarkan video yang relevan dengan materi yang saat ini dibahas
·
Tutor
membagi mahasiswa ke dalam 2 kelompok. masing-masing kelompok menilai video
yang telah diputarkan. Aspek yang dinilai adalah keterampilan guru membuka
dan menutup pelajaran, bertanya
dan menjelaskan, memberi
penguatan dan mengadakan variasi.
·
Setelah
itu masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan juga mengoreksi
kekurangan-kekurangannya
·
Masing-masing
kelompok mensimulasikan keterampilan mengajar guru
|
||
Penutup:
|
||
·
Meminta
mahasiswa menyimpulkan materi yang
sudah dibahas
·
Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas
pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa mempelajari modul yang
relevan dengan pokok bahasan tersebut.
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
4 dan 5
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4205/Pembelajaran
Terpadu di SD
|
SKS
|
:
|
2
|
Nama Tutor
|
:
|
Desi Rahmawati,
M. Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Setelah mengikuti mata kuliah
ini mahasiswa diharapkan mampu menyusun rancangan pembelajaran terpadu.
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Setelah
mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan kompetensi lulusan dan struktur kurikulum
sekolah dasar sebagai dasar pijakan pelaksanaan pembelajaran terpadu.
2.
Menjelaskan langkah-langkah yang harus ditempuh dalam
merancang pembelajaran terpadu di sekolah dasar.
3.
Memilih tema-tema pemersatu yang dapat digunakan
dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu.
4.
Memetakan keterhubungan kompetensi dasar setiap mata
pelajaran dengan tema pemersatu pembelajaran terpadu.
5.
Menyusun silabus pembelajaran terpadu berdasarkan
hasil pemetaan keterhubungan kompetensi dasar setiap mata pelajaran dengan
tema pemersatu.
6.
Menyusun satuan pembelajaran terpadu berdasarkan silabus yang telah
dikembangkan
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Perancangan pembelajaran terpadu.
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
|
Persiapan:
|
||
§ Memeriksa
kesiapan mahasiswa
§ Memeriksa
kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
||
Pendahuluan:
|
||
·
Menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dan rencana kegiatan.
·
Menjelaskan tujuan pertemuan
bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam
belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.
·
Membangkitkan
minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
|
||
Pelaksanaan/Penyajian:
|
||
·
Tutor
menyajikan materi yang saat ini dibahas dengan menampilkan mind map yang
sudah di buat
·
Tutor
mengkaitkan materi dengan pengalaman mahasiswa
·
Setelah
itu dilakukan tanya jawab dan pertukaran informasi antara tutor dengan
mahasiswa
·
Tutor
meminta mahasiswa untuk membuat satuan pembelajaran terpadu yang akan
didiskusikan pada pertemuan ke-5
·
Di
pertemuan ke-5, satuan pembelajaran terpadu yang sudah dibuat mahasiswa didiskusikan
dan dilakukan koreksi oleh tutor dan rekan sebaya untuk diperbaiki dan
selanjutnya membuat 2 buah RPP untuk dinilai
|
||
Penutup:
|
||
·
Menyimpulkan proses dan hasil tutorial.
·
Menilai
penguasaan mahasiswa terhadap materi.
·
Meminta
mahasiswa menyimpulkan materi yang
sudah dibahas
·
Memberi
kesempatan bertanya informasi, arahan dan kegiatan.
·
Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas
pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa mempelajari modul yang
relevan dengan pokok bahasan tersebut.
·
Menginformasikan
pada mahasiswa untuk:
1.
Membuat RPP 2 buah yang akan di nilai oleh
kepala sekolah/teman sejawat dengan tutor dan dinilai dengan menggunakan APKG
1
2.
Membuat
lembar refleksi
3.
Melakukan
praktek pembelajaran terpadu di sekolah dan simulasi pembelajaran terpadu di
kelas dan dinilai dengan menggunakan APKG 2
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
6
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4205/Pembelajaran
Terpadu di SD
|
SKS
|
:
|
2
|
Nama Tutor
|
:
|
Desi Rahmawati,
M. Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Setelah mengikuti mata kuliah
ini mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan alat evaluasi dalam pembelajaran
terpadu.
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Setelah
mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu:
1. Konsep penilaian dalam
pembelajaran terpadu.
2. Prinsip-prinsip
penilaian dalam pembelajaran terpadu.
3. Sasaran
penilaian dalam pembelajaran terpadu.
4.
Langkah-langkah penilaian dalam pembelajaran
terpadu
5.
Bentuk alat penilaian dalam pembelajaran
terpadu
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Penilaian dalam pembelajaran terpadu.
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
§ Konsep, prinsip dan sasaran penilaian dalam pembelajaran terpadu.
§ Prosedur pengembangan dan format penilaian pembelajaran terpadu di SD
|
Persiapan:
|
||
§ Memeriksa
kesiapan mahasiswa
§ Memeriksa
kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
||
Pendahuluan:
|
||
·
Menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dan rencana kegiatan.
·
Menjelaskan tujuan pertemuan
bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam
belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.
·
Membangkitkan
minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
|
||
Pelaksanaan/Penyajian:
|
||
·
Tutor
memberikan gambaran materi yang akan dibahas mind dengan menampilkan map yang sudah di buat
·
Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok
·
Masing-masing kelompok mempresentasikan secara
pleno hasil pembahasan diskusi, anggota kelompok menanggapi dan menjawab
pertanyaan
·
Tutor memberikan koreksi dan penguatan
terhadap hasil kerja kelompok
|
||
Penutup:
|
||
·
Menyimpulkan proses dan hasil tutorial.
·
Menilai
penguasaan mahasiswa terhadap materi.
·
Meminta
mahasiswa menyimpulkan materi yang
sudah dibahas
·
Memberi
kesempatan bertanya informasi, arahan dan kegiatan.
·
Menginformasikan bahwa pada pertemuan ke
7 dan 8 setiap mahasiswa melakukan simulasi pembelajaran terpadu di kelas
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
7 dan 8
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK4205/Pembelajaran
Terpadu di SD
|
SKS
|
:
|
2
|
Nama Tutor
|
:
|
Desi Rahmawati,
M. Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Setelah mengikuti mata kuliah
ini mahasiswa diharapkan mampu memparaktekkan
pembelajaran terpadu
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Setelah
mengikuti mata kuliah ini dan mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu:
1.
Melakukan
praktek merancang pembelajaran terpadu di SD
2.
Melakukan
praktek pelaksanaan pembelajaran terpadu di SD
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Praktek pembelajaran terpadu.
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
§ Praktek pelaksanaan pembelajaran terpadu di SD
|
Persiapan:
|
||
§ Memeriksa
kesiapan mahasiswa
§ Memeriksa
kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
||
Pendahuluan:
|
||
·
Menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dan rencana kegiatan.
·
Menjelaskan tujuan pertemuan
bahwa pertemuan adalah sebagai sarana memecahkan permasalahan mahasiswa dalam
belajar, artinya setiap mahasiswa diharapkan memahami isi modul yang ada.
·
Membangkitkan
minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
|
||
Pelaksanaan/Penyajian:
|
||
·
Mahasiswa
mengumpulkan RPP 2 buah (APKG 1), APKG 2 dari sekolah dan lembar refleksi
·
Tutor
menilai simulasi pelaksanaan pembelajaran terpadu yang dilakukan oleh tiap
mahasiswa dengan waktu masing-masing 15 menit.
|
||
Penutup:
|
||
·
Menilai penguasaan mahasiswa
·
Memberi kesempatan bertanya informasi, arahan
dan kegiatan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar