ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1 (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN
MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
|
PETUNJUK
Baca
dengan cermat Rancangan PKR
yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa
untuk praktek PKR di kelasnya sendiri. Kemudian,
nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir
penilaian di bawah ini:
1. Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator
1.1 Menggunakan
bahan pembelajaran yang sesuai dengan Standar Isi dan Kompetensi
1.2 Merumuskan
tujuan khusus/indikator perbaikan pembelajaran.
2. Mengembangkan
dan mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan materi dari model PKR yang dipilih
2.2 Menentukan dan mengembangkan alat bantu/ media pembelajaran.
2.3 Memilih sumber belajar
3. Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran
kelas
rangkap
3.1 Menyusun langkah-langkah pembelajaran kelas rangkap.
3.2 Menentukan alokasi waktu pembelajaran kelas rangkap.
3.3 Menentukan cara-cara memotivasi siswa.
4. Merancang
pengelolaan kelas
Menentukan
cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi
dalam pembelajaran kelas rangkap.
5. Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat
penilaian
5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian.
5.2 Membuat alat – alat penilaian dan kunci
jawaban.
6. Tampilan dokumen rencana pembelajaran
kelas
rangkap
6.1 Kebersihan dan kerapihan.
6.2 Penggunaan bahasa tulis.
Nilai APKG 1 = R
R = A+B+C+D+E+F =
6
R = Rata – rata Butir
|
Jakarta,
Pengamat
-----------------------------------
NIP.
|
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
|
1. Amatilah
dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkanlah
perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya
pada diri siswa.
3. Nilailah
kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4. Khusus
untuk butir 3,
yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilihlah salah
satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
1.
Melakukan pembelajaran
a. Melaksanakan
tugas rutin kelas
b. Memulai
pembelajaran
c. Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator,
siswa, situasi, dan lingkungan
d. Melaksanakan
kegiatan pembelajaran secara individual,
kelompok atau klasikal
e. Menggunakan
sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan,
siswa, situasi dan lingkungan
f. Menggunakan
media belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan,
siswa, situasi dan lingkungan
g. Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien
h. Mengakhiri kegiatan pembelajaran
2. Mengelola
interaksi kelas
a.
Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat, terbuka, dan penuh
pengertian kepada siswa
b.
Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
c.
Melakukan komunikasi secara aktif
3.
Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam pembelajaran kelas rangkap (isi yang sesuai dengan RP PKR yang
sedang dinilai)
a. Bahasa
Indonesia
1)
Mendemonstrasikan
penguasaan materi bahasa Indonesia.
2)
Memberikan latihan keterampilan
berbahasa
3)
Mengembangkan kemampuan siswa untuk
berkomunikasi dan bernalar
b. Matematika
1)
Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan manipulatif.
2)
Menguasai simbol-simbol matematika.
3)
Memberikan latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari
c. IPA
1)
Mendemonstrasikan pembelajaran IPA
melalui pengalaman langsung
2)
Meningkatkan keterlibatan siswa melalui
pengalaman langsung.
3)
Menampilkan penguasaan IPA
d. IPS
1)
Mengembangkan
pemahaman konsep waktu.
2)
Mengembangkan pemahaman konsep ruang.
3)
Mengembangkan pemahaman konsep
kelangkaan (scarcity)
e. PKn
1)
Ketepatan
menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan.
2)
Penguasaan materi Pendidikan
Kewarganegaraan.
3) Menerapkan
konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Melaksanakan
penilaian proses hasil belajar
a. Melaksanakan
penilaian selama proses pembelajaran
b. Melaksanakan
penilaian pada akhir pembelajaran
5. Kesan
umum pelaksanaan pembelajaran
a.
Peka
terhadap kemampuan berbahasa
b.
Penampilan guru dalam
pembelajaran kelas rangkap
c.
Keefektifan
pembelajaran kelas rangkap
Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan
kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran kelas rangkap, serta
saran perbaikan.
|
Nilai
APKG 2
= K
R = P + Q + R + S + T =
5
R = Rata – rata Butir
|
Jakarta,
Pengamat
------------------------------------
NIP.
|
Neng, formatna tiasa di kirim ka abdi yuda.means.war@gmail.com, hatur nuhun pisan, nuju priyogi soalna
BalasHapus