Kamis, 21 April 2016

RAT SAT EVALUASI PEMBELAJARAN UNTUK UT


RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
Mata Kuliah                     : Evaluasi Pembelajaran di SD
Kode / SKS                      : PDGK4301 / 2 SKS
Deskripsi Singkat          : Mata kuliah ini memberikan bekal kepada mahasiswa untuk: memahami hakikat evaluasi, assesment atau penilaian, pengukuran, dan alat ukur penilaian serta mampu mengembangkan alat ukur dalam bentuk tes maupun non tes untuk penilaian pembelajaran.       
Kompetensi Umum       : Mahasiswa mampu mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran
No.
Kompetensi Khusus
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Metode Tutorial
Tugas Tutorial
Daftar Pustaka
Tutorial Ke
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Mahasiswa mampu: Menjelaskan hakikat
evaluasi, assesment
atau penilaian, pengukuran, tes dan
non tes sebagai alat
ukur penilaian.
·         Konsep dasar
penilaian dalam
pembelajaran
·         Jenis dan fungsi
penilaian dalam pembelajaran
·         Pengertian dan ruang lingkup evaluasi, penilaian, pengukuran, tes dan non tes.
·         Prinsip-prinsip penilaian
·         Paradigma Penilaian
pembelajaran
·         Tes seleksi dan
fungsinya
·         Tes penempatan dan fungsinya
·         Pre tes dan postes serta manfaatnya
·         Tes diagnostis dan
fungsinya
·         Tes formatif dan fungsinya
·         Tes sumatif dan fungsinya
Perkenalan,
Kontrak
belajar,
ceramah
tanya jawab,
Partisipasi, keaktifan
Suryanto, Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
1
2
Mahasiswa mampu:
· Mengembangkan
   Alat Ukur Tes
·         Keunggulan dan Kelemahan Tes Ojektif dan Tes Uraian


·         Bentuk Pengembangan Tes Obektif dan Tes Uraian
·         Kelebihan dan Kelemahan Tes Objektif
·         Kelebihan dan Kelemahan Tes Uraian
·         Tes Benar/ salah
·         Tes Menjodohkan
·         Multiple Choice
·         Tes Uraian Terbatas
·         Tes Uraian Tertutup
Presentasi
kelompok,
diksusi,
Resume kelompok,
Daftar pertanyaan
dan jawaban
individu, dokumen
diskusi, lembar observasi
Suryanto, Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
2
3
Mahasiswa mampu:
Memahami
isi modul 1 sampai  2 mata
kuliah evaluasi
pembelajaran
·         Modul 1-2
·         Modul 1-2
Tes Formatif 1
Tes uraian
Suryanto, Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
3
4
Mahasiswa mampu:
Mengembangkan alat ukur non tes
untuk menilai proses
dan hasil pembelajaran.
·         Konsep Dasar
Asesmen Alternatif
·         Bentuk Asesmen
kinerja
·         Asesmen
Portofolio
·         Penilaian Ranah
Afektif
·         Lata belakang, landasan
psikologis, Keunggulan
dan kelemahan
asesmen alternatif
·         Tugas, Kriteria
Penilaian (rubric),
·         Pengertian & tujuan Portofolio, Perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan bukti, dan tahap penilaian portofolio
·         Konsep dasar, Cara penilaian ranah afektif, langkah-langkah pengembangan
instrumen afektif,
Presentasi kelompok, diskusi
Resume kelompok,
Daftar pertanyaan
dan jawaban
individu, dokumen
diskusi, lembar observasi
Suryanto, Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
3
5
Mahasiswa mampu:
Mengumpulkan dan
Mengolah informasi hasil belajar
·         Mengumpulkan dan mengolah informasi hasil belajar
·         Pendekatan dalam pemberian Nilai
·         Memeriksa dan mengolah hasil tes, mengumpulkan dan mengolah informasi hasil unjuk kerja
·         Pengorganisasian informasi hasil belajar siswa, pendekatan dalam penilaian,
Presentasi kelompok, diskusi
Resume kelompok,
Daftar pertanyaan
dan jawaban
individu, dokumen
diskusi, lembar observasi
Suryanto, Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
4
6
Mahasiswa mampu:
Memahami
isi modul 3 sampai  4 mata
kuliah evaluasi
pembelajaran
·         Modul 3-4
·         Modul 3-4
Tes Formatif 2
Tes uraian
Suryanto, Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
5
7
Mahasiswa mampu:
Menilai Kualitas Alat Ukur Penilaian
·         Validitas dan reliabilitas hasil pengukuran
·         Analisis dan Perbaikan instrumen
·         Pengertian validitas, reliabilitas, cara meningkatakan reliabilitas.
·         Pentingnya analisis butir soal,cara melakukan analisis sederhana, cara
menganalisis tes uraian, memperbaiki butir soal, memperbaiki non tes
Presentasi kelompok, diskusi
Resume kelompok,
Daftar pertanyaan
dan jawaban
individu, dokumen
diskusi, lembar observasi
Suryanto, Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
5
8
Mahasiswa mampu:
Melaksanakan
penilaian terhadap
proses dan hasil
pembelajaran sesuai tujuan dan memberikan tindak lanjut
·         Prinsip-prinsip pemberian nilai
·         Penilaian di berbagai jenjang
pendidikan
·         Pemanfaatan tes untuk meningkatkan proses pembelajaran
·         Tuijuan penilaian kelas, fungsi, prinsip, metode
penilain kelas,
·         Pedoman pelaksanaan penilaian pendidikan dasar menengah, perguruan tinggi
·         Pemanfaatan pre test, post test, test formatif,  tes diagnostik, dan non tes
Presentasi kelompok, diskusi
Resume kelompok,
Daftar pertanyaan
dan jawaban
individu, dokumen
diskusi, lembar observasi
Suryanto, Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
6
9
Mahasiswa mampu:
Memahami
isi modul 5 sampai  6 mata
kuliah evaluasi
pembelajaran
·         Modul 5-6
·         Modul 5-6
Tes Formatif 3
Tes uraian
Suryanto, Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
7
10
Mahasiswa mampu:
Memahami seluruh
isi modul mata
kuliah evaluasi
pembelajaran
Modul 1-6
Modul 1-6
Diskusi, tanya jawab
Review mata kuliah
Suryanto, Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
8



SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke                                 : 1
Kode Mata Kuliah / SKS         : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor                               : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum                  : Mahasiswa mampu mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi Khusus               : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:  Menjelaskan hakikat evaluasi, assesment atau penilaian, pengukuran, tes dan non tes sebagai alat ukur penilaian.
Pokok Bahasan                       : Konsep dasar penilaian dalam pembelajaran
      Jenis dan fungsi penilaian dalam pembelajaran
Sub Pokok Bahasan              :  Pengertian dan ruang lingkup evaluasi,  penilaian, pengukuran, tes dan non tes.
· Prinsip-prinsip penilaian
· Paradigma Penilaian pembelajaran.
·      Tes seleksi dan fungsinya
·      Tes penempatan dan fungsinya
·      Pre tes dan postes serta manfaatnya Tes diagnostis dan fungsinya
·      Tes formatif dan fungsinya
·      Tes sumatif dan fungsinya




No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media & Sumber Belajar
Waktu
1
Persiapan Tutorial
§  Memeriksa kesiapan mahasiswa
§  Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§  Mengabsen mahasiswa

Absen

5’
2
Kegiatan Pendahuluan
·         Pembukaan, perkenalan
PPT, Video

5’
3
Kegiatan Penyajian

·         Orientasi perkuliahan dan Kontrak Belajar
·         Tutor menyajikan materi yang saat ini dibahas
·         Tutor mengkaitkan materi dengan pengalaman mahasiswa
·         Tutor melakukan tanya jawab dan pertukaran informasi dengan mahasiswa
PPT, Modul

100’
4
Kegiatan Penutup
·         Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi dengan mengajukan pertanyaan
·         Meminta setiap mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
·         Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa membuat mind map untuk bahasan pertemuan berikutnya
Modul

10’



SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke                                 : 2
Kode Mata Kuliah / SKS         : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor                               : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum                  : Mahasiswa mampu mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi Khusus                          : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:  Mengembangkan Alat Ukur Tes.
Pokok Bahasan                       : Keunggulan dan Kelemahan Tes Ojektif dan Tes Uraian
      Bentuk Pengembangan Tes Obektif dan Tes Uraian
Sub Pokok Bahasan              :  Kelebihan dan Kelemahan Tes Objektif
·         Kelebihan dan Kelemahan Tes Uraian
·         Tes Benar/ salah
·         Tes Menjodohkan
·         Multiple Choice
·         Tes Uraian Terbatas
·         Tes Uraian Tertutup

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media & Sumber Belajar
Waktu
1
Persiapan Tutorial
§  Memeriksa kesiapan mahasiswa
§  Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§  Mengabsen mahasiswa

Absen
5’
2
Kegiatan Pendahuluan
Salam, berdoa, presensi, dan ulasan materi pertemuan sebelumnya
PPT, modul
5’
3
Kegiatan Penyajian

·         Penyajian resume kelompok
·         Diskusi uraian materi modul 2
·         Pembahasan hasil diskusi oleh dosen

PPT, Modul
100’
4
Kegiatan Penutup
·         Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi dengan mengajukan pertanyaan
·         Meminta setiap mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
·         Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa membuat mind map untuk bahasan pertemuan berikutnya
Modul
10’





SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke                                 : 3
Kode Mata Kuliah / SKS         : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor                               : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum                  : Mahasiswa mampu mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi Khusus                          : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:  memahami isi modul 1 dan 2 dan mampu
                                                     Mengembangkan alat ukur non tes untuk menilai proses  dan hasil pembelajaran.
Pokok Bahasan                       : Tes Formatif 1, konsep dasar asesmen alternatif, bentuk asesmen kinerja,  portofolio, penilaian ranah afektif
Sub Pokok Bahasan              :  latar belakang asesmen alternatif, kriteria penilaian (rubrik), pengertian dan tujuan portofolio, penilaian afektif

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media & Sumber Belajar
Waktu
1
Persiapan Tutorial
§  Memeriksa kesiapan mahasiswa
§  Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§  Mengabsen mahasiswa

Absen
5’
2
Kegiatan Pendahuluan
Salam, berdoa, presensi, dan ulasan materi pertemuan sebelumnya
PPT, modul
5’
3
Kegiatan Penyajian

·         Tes formatif 1
·         Presentasi kelompok
·         Pembahasan hasil diskusi oleh dosen
PPT, Modul
100’
4
Kegiatan Penutup
·         Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi dengan mengajukan pertanyaan
·         Meminta setiap mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
·         Menyebutkan pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta kelompok mahasiswa membuat  makalah dan PPT untuk bahasan pertemuan berikutnya
Modul
10’



SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke                                 : 4
Kode Mata Kuliah / SKS         : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor                               : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum                  : Mahasiswa mampu mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi Khusus                          : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:  mengumpulkan dan mengolah informasi
                                                     Hasil belajar
Pokok Bahasan                      : Mengumpulkan dan mengolah informasi hasil belajar, pendekatan dalam pemberian nilai
Sub Pokok Bahasan              : Memeriksa dan mengolah hasil tes, pengorganisasian informasi hasil belajar siswa

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media & Sumber Belajar
Waktu
1
Persiapan Tutorial
§  Memeriksa kesiapan mahasiswa
§  Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§  Mengabsen mahasiswa

Absen
5’
2
Kegiatan Pendahuluan
Salam, berdoa, presensi, dan ulasan materi pertemuan sebelumnya
PPT, modul
5’
3
Kegiatan Penyajian

·         Presentasi kelompok
·         Pembahasan hasil diskusi oleh dosen
PPT, Modul
100’
4
Kegiatan Penutup
·         Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi dengan mengajukan pertanyaan
·         Meminta setiap mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
·         Mengingatkan mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi tes formatif 2 dan setelah itu kelompokyang presentasi membuat  makalah dan PPT untuk disampaikan setelah tes.
Modul
10’



SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke                                 : 5
Kode Mata Kuliah / SKS         : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor                               : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum                  : Mahasiswa mampu mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi Khusus                          : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:  memahami isi modul 3 dan 4, menilai kualitas
                                                     Alat ukur penilaian
Pokok Bahasan                      : Modul 3-4, validitas dan reliabilitas hasil, analisis dan perbaikan instrumen
Sub Pokok Bahasan              : Modul 304, pengertian validitas, reliabilitas dan cara meningkatkan reliabilitas, pentingnya analisis butir soal

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media & Sumber Belajar
Waktu
1
Persiapan Tutorial
§  Memeriksa kesiapan mahasiswa
§  Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§  Mengabsen mahasiswa

Absen
5’
2
Kegiatan Pendahuluan
Salam, berdoa, presensi, dan ulasan materi pertemuan sebelumnya
PPT, modul
5’
3
Kegiatan Penyajian

·         Tes formatif 2: modul 3-4
·         Presentasi kelompok
·         Pembahasan hasil diskusi oleh dosen
PPT, Modul
100’
4
Kegiatan Penutup
·         Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi dengan mengajukan pertanyaan
·         Meminta setiap mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
·         Mengingatkan kelompokyang presentasi membuat  makalah dan PPT untuk disampaikan pada pertemuan berikutnya
Modul
10’



SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke                                 : 6
Kode Mata Kuliah / SKS         : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor                               : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum                  : Mahasiswa mampu mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi Khusus                          : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:  melaksanakan penilaian terhadap proses dan
                                                     Hasil pembelajaran
Pokok Bahasan                      : prinsip-prinsip pemberian nilai, penilaian di berbagai jenjang pendidikan, pemanfaatan tes untuk meningkatkan
                                                     Kualitas pembelajaran
Sub Pokok Bahasan              : tujuan penilaian kelas, pedoman pelaksanaan penilaian di pend dasar, menengah dan tinggi, pemanfaatan pre tes
                                                     Post test, tes formatif, tes  diagnostik, dan non tes.

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media & Sumber Belajar
Waktu
1
Persiapan Tutorial
§  Memeriksa kesiapan mahasiswa
§  Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§  Mengabsen mahasiswa

Absen
5’
2
Kegiatan Pendahuluan
Salam, berdoa, presensi, dan ulasan materi pertemuan sebelumnya
PPT, modul
5’
3
Kegiatan Penyajian
·         Presentasi kelompok
·         Pembahasan hasil diskusi oleh dosen
PPT, Modul
100’
4
Kegiatan Penutup
·         Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi dengan mengajukan pertanyaan
·         Meminta setiap mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
·         Mengingatkan mahasiswa untuk mempersiapkan diri melakukan tes formatif 3: modul 5-6
Modul
10’



SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke                                 : 7
Kode Mata Kuliah / SKS         : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor                               : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum                  : Mahasiswa mampu mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi Khusus                          : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:  memahami isi modul 5 dan 6
Pokok Bahasan                      : Modul 5 dan 6
Sub Pokok Bahasan              : Modul 5 dan 6

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media & Sumber Belajar
Waktu
1
Persiapan Tutorial
§  Memeriksa kesiapan mahasiswa
§  Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§  Mengabsen mahasiswa

Absen
5’
2
Kegiatan Pendahuluan
Salam, berdoa, presensi, dan ulasan materi pertemuan sebelumnya
PPT, modul
5’
3
Kegiatan Penyajian
·         Tes formatif 3: modul 5 dan 6
·         Diskusi kelas
PPT, Modul
100’
4
Kegiatan Penutup
·         Menilai penguasaan mahasiswa terhadap materi
·         Menutup perkuliahan dan meminta mahasiswa mempelajari seluruh isi modul untuk didiskusikan pada pertemuan berikutnya

Modul
10’



SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke                                 : 8
Kode Mata Kuliah / SKS         : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor                               : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum                  : Mahasiswa mampu mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi Khusus                          : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:  memahami seluruh isi modul
Pokok Bahasan                      : Modul 1 -  6
Sub Pokok Bahasan              : Modul 1 -  6

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media & Sumber Belajar
Waktu
1
Persiapan Tutorial
§  Memeriksa kesiapan mahasiswa
§  Memeriksa kesiapan ruang, alat, media, pembelajaran
§  Mengabsen mahasiswa

Absen
5’
2
Kegiatan Pendahuluan
Salam, berdoa, presensi, dan ulasan materi pertemuan sebelumnya
PPT, modul
5’
3
Kegiatan Penyajian
·         Diskusi kelas mengenai materi di modul yang belum difahami
PPT, Modul
100’
4
Kegiatan Penutup
·         Menyimpulkan materi perkuliahan tentang evaluasi pembelajaran di SD
·         Menutup perkuliahan

Modul
10’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar