RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL
(RAT)
Mata Kuliah :
Evaluasi Pembelajaran di SD
Kode / SKS :
PDGK4301 / 2 SKS
Deskripsi Singkat : Mata kuliah ini memberikan bekal kepada mahasiswa untuk: memahami hakikat
evaluasi, assesment atau penilaian, pengukuran, dan alat ukur penilaian serta
mampu mengembangkan alat ukur dalam bentuk tes maupun non tes untuk penilaian
pembelajaran.
Kompetensi Umum : Mahasiswa mampu mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan
penilaian terhadap proses dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran
No.
|
Kompetensi Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Metode Tutorial
|
Tugas Tutorial
|
Daftar Pustaka
|
Tutorial Ke
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1
|
Mahasiswa mampu: Menjelaskan
hakikat
evaluasi, assesment
atau penilaian, pengukuran, tes
dan
non tes sebagai alat
ukur penilaian.
|
·
Konsep dasar
penilaian dalam
pembelajaran
·
Jenis dan fungsi
penilaian dalam pembelajaran
|
·
Pengertian dan ruang lingkup evaluasi, penilaian,
pengukuran, tes dan non tes.
·
Prinsip-prinsip penilaian
·
Paradigma Penilaian
pembelajaran
·
Tes seleksi dan
fungsinya
·
Tes penempatan dan fungsinya
·
Pre tes dan postes serta manfaatnya
·
Tes diagnostis dan
fungsinya
·
Tes formatif dan fungsinya
·
Tes sumatif dan fungsinya
|
Perkenalan,
Kontrak
belajar,
ceramah
tanya jawab,
|
Partisipasi, keaktifan
|
Suryanto,
Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
|
1
|
2
|
Mahasiswa mampu:
· Mengembangkan
Alat Ukur Tes
|
·
Keunggulan dan Kelemahan Tes Ojektif dan Tes Uraian
·
Bentuk Pengembangan Tes Obektif dan Tes Uraian
|
·
Kelebihan dan Kelemahan Tes Objektif
·
Kelebihan dan Kelemahan Tes Uraian
·
Tes Benar/ salah
·
Tes Menjodohkan
·
Multiple Choice
·
Tes Uraian Terbatas
·
Tes Uraian Tertutup
|
Presentasi
kelompok,
diksusi,
|
Resume kelompok,
Daftar pertanyaan
dan jawaban
individu, dokumen
diskusi, lembar observasi
|
Suryanto,
Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
|
2
|
3
|
Mahasiswa mampu:
Memahami
isi modul 1 sampai 2 mata
kuliah evaluasi
pembelajaran
|
·
Modul 1-2
|
·
Modul 1-2
|
Tes Formatif 1
|
Tes uraian
|
Suryanto,
Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
|
3
|
4
|
Mahasiswa mampu:
Mengembangkan alat ukur non tes
untuk menilai proses
dan hasil pembelajaran.
|
·
Konsep Dasar
Asesmen Alternatif
·
Bentuk Asesmen
kinerja
·
Asesmen
Portofolio
·
Penilaian Ranah
Afektif
|
·
Lata belakang, landasan
psikologis,
Keunggulan
dan kelemahan
asesmen alternatif
·
Tugas, Kriteria
Penilaian (rubric),
·
Pengertian & tujuan Portofolio, Perencanaan,
pelaksanaan, pengumpulan bukti, dan tahap penilaian portofolio
·
Konsep dasar, Cara penilaian ranah afektif,
langkah-langkah pengembangan
instrumen afektif,
|
Presentasi kelompok, diskusi
|
Resume kelompok,
Daftar pertanyaan
dan jawaban
individu, dokumen
diskusi, lembar observasi
|
Suryanto,
Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
|
3
|
5
|
Mahasiswa mampu:
Mengumpulkan dan
Mengolah informasi hasil
belajar
|
·
Mengumpulkan dan mengolah informasi hasil belajar
·
Pendekatan dalam pemberian Nilai
|
·
Memeriksa dan mengolah hasil tes, mengumpulkan
dan mengolah informasi hasil unjuk kerja
·
Pengorganisasian informasi hasil belajar siswa,
pendekatan dalam penilaian,
|
Presentasi kelompok, diskusi
|
Resume kelompok,
Daftar pertanyaan
dan jawaban
individu, dokumen
diskusi, lembar observasi
|
Suryanto,
Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
|
4
|
6
|
Mahasiswa mampu:
Memahami
isi modul 3 sampai 4 mata
kuliah evaluasi
pembelajaran
|
·
Modul 3-4
|
·
Modul 3-4
|
Tes Formatif 2
|
Tes uraian
|
Suryanto,
Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
|
5
|
7
|
Mahasiswa mampu:
Menilai Kualitas Alat Ukur
Penilaian
|
·
Validitas dan reliabilitas hasil pengukuran
·
Analisis dan Perbaikan instrumen
|
·
Pengertian validitas, reliabilitas, cara
meningkatakan reliabilitas.
·
Pentingnya analisis butir soal,cara melakukan analisis sederhana,
cara
menganalisis tes
uraian, memperbaiki butir soal, memperbaiki non tes
|
Presentasi kelompok, diskusi
|
Resume kelompok,
Daftar pertanyaan
dan jawaban
individu, dokumen
diskusi, lembar observasi
|
Suryanto,
Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
|
5
|
8
|
Mahasiswa mampu:
Melaksanakan
penilaian terhadap
proses dan hasil
pembelajaran sesuai tujuan dan
memberikan tindak lanjut
|
·
Prinsip-prinsip pemberian nilai
·
Penilaian di berbagai jenjang
pendidikan
·
Pemanfaatan tes untuk meningkatkan proses pembelajaran
|
·
Tuijuan penilaian kelas, fungsi, prinsip, metode
penilain kelas,
·
Pedoman pelaksanaan penilaian pendidikan dasar
menengah, perguruan tinggi
·
Pemanfaatan pre test, post test, test formatif, tes diagnostik, dan non tes
|
Presentasi kelompok, diskusi
|
Resume kelompok,
Daftar pertanyaan
dan jawaban
individu, dokumen
diskusi, lembar observasi
|
Suryanto,
Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
|
6
|
9
|
Mahasiswa mampu:
Memahami
isi modul 5 sampai 6 mata
kuliah evaluasi
pembelajaran
|
·
Modul 5-6
|
·
Modul 5-6
|
Tes Formatif 3
|
Tes uraian
|
Suryanto,
Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
|
7
|
10
|
Mahasiswa mampu:
Memahami seluruh
isi modul mata
kuliah evaluasi
pembelajaran
|
Modul 1-6
|
Modul 1-6
|
Diskusi, tanya jawab
|
Review mata kuliah
|
Suryanto,
Adi Dkk. 2014. Evaluasi pembelajaran di SD. Jakarta. UT.
|
8
|
SATUAN
AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke : 1
Kode Mata Kuliah / SKS : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum : Mahasiswa mampu
mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses
dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi
Khusus : Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: Menjelaskan hakikat
evaluasi, assesment atau penilaian, pengukuran, tes dan non tes sebagai alat ukur
penilaian.
Pokok
Bahasan : Konsep dasar penilaian dalam pembelajaran
Jenis dan fungsi penilaian dalam
pembelajaran
Sub
Pokok Bahasan
: Pengertian dan ruang lingkup
evaluasi, penilaian, pengukuran, tes dan
non tes.
· Prinsip-prinsip
penilaian
· Paradigma Penilaian pembelajaran.
·
Tes seleksi dan fungsinya
·
Tes penempatan dan fungsinya
·
Pre tes dan postes serta
manfaatnya Tes diagnostis dan fungsinya
·
Tes formatif dan fungsinya
·
Tes sumatif dan fungsinya
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media & Sumber Belajar
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
§
Memeriksa kesiapan mahasiswa
§
Memeriksa kesiapan ruang, alat, media,
pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
Absen
|
5’
|
2
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
·
Pembukaan, perkenalan
|
PPT, Video
|
5’
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Orientasi perkuliahan dan
Kontrak Belajar
·
Tutor
menyajikan materi yang saat ini dibahas
·
Tutor
mengkaitkan materi dengan pengalaman mahasiswa
·
Tutor
melakukan tanya jawab dan pertukaran informasi dengan mahasiswa
|
PPT, Modul
|
100’
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
·
Menilai penguasaan mahasiswa terhadap
materi dengan mengajukan
pertanyaan
·
Meminta setiap mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
·
Menyebutkan
pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta
mahasiswa membuat mind map untuk bahasan pertemuan berikutnya
|
Modul
|
10’
|
SATUAN
AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke : 2
Kode Mata Kuliah / SKS : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum : Mahasiswa mampu
mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses
dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi
Khusus
: Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: Mengembangkan Alat
Ukur Tes.
Pokok
Bahasan : Keunggulan dan Kelemahan Tes Ojektif dan Tes Uraian
Bentuk Pengembangan Tes Obektif dan Tes
Uraian
Sub
Pokok Bahasan
: Kelebihan dan Kelemahan Tes
Objektif
·
Kelebihan dan Kelemahan Tes
Uraian
·
Tes Benar/ salah
·
Tes Menjodohkan
·
Multiple Choice
·
Tes Uraian Terbatas
·
Tes Uraian Tertutup
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media & Sumber Belajar
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
§
Memeriksa kesiapan mahasiswa
§
Memeriksa kesiapan ruang, alat, media,
pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
Absen
|
5’
|
2
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Salam, berdoa, presensi, dan
ulasan materi pertemuan sebelumnya
|
PPT, modul
|
5’
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Penyajian resume kelompok
·
Diskusi uraian materi modul 2
·
Pembahasan hasil diskusi oleh
dosen
|
PPT, Modul
|
100’
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
·
Menilai penguasaan mahasiswa terhadap
materi dengan mengajukan
pertanyaan
·
Meminta setiap mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
·
Menyebutkan
pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta
mahasiswa membuat mind map untuk bahasan pertemuan berikutnya
|
Modul
|
10’
|
SATUAN
AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke : 3
Kode Mata Kuliah / SKS : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum : Mahasiswa mampu
mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses
dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi
Khusus
: Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: memahami isi modul 1
dan 2 dan mampu
Mengembangkan alat ukur non tes untuk
menilai proses dan hasil pembelajaran.
Pokok
Bahasan : Tes Formatif 1, konsep dasar asesmen
alternatif, bentuk asesmen kinerja,
portofolio, penilaian ranah afektif
Sub
Pokok Bahasan
: latar belakang asesmen
alternatif, kriteria penilaian (rubrik), pengertian dan tujuan portofolio,
penilaian afektif
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media & Sumber Belajar
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
§
Memeriksa kesiapan mahasiswa
§
Memeriksa kesiapan ruang, alat, media,
pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
Absen
|
5’
|
2
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Salam, berdoa, presensi, dan
ulasan materi pertemuan sebelumnya
|
PPT, modul
|
5’
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Tes formatif 1
·
Presentasi kelompok
·
Pembahasan hasil diskusi oleh
dosen
|
PPT, Modul
|
100’
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
·
Menilai penguasaan mahasiswa terhadap
materi dengan mengajukan
pertanyaan
·
Meminta setiap mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
·
Menyebutkan
pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan meminta kelompok
mahasiswa membuat makalah dan PPT
untuk bahasan pertemuan berikutnya
|
Modul
|
10’
|
SATUAN
AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke : 4
Kode Mata Kuliah / SKS : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum : Mahasiswa mampu
mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses
dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi
Khusus
: Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: mengumpulkan dan
mengolah informasi
Hasil belajar
Pokok
Bahasan : Mengumpulkan dan mengolah informasi
hasil belajar, pendekatan dalam pemberian nilai
Sub
Pokok Bahasan
: Memeriksa dan mengolah hasil tes, pengorganisasian
informasi hasil belajar siswa
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media & Sumber Belajar
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
§
Memeriksa kesiapan mahasiswa
§
Memeriksa kesiapan ruang, alat, media,
pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
Absen
|
5’
|
2
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Salam, berdoa, presensi, dan
ulasan materi pertemuan sebelumnya
|
PPT, modul
|
5’
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Presentasi kelompok
·
Pembahasan hasil diskusi oleh
dosen
|
PPT, Modul
|
100’
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
·
Menilai penguasaan mahasiswa terhadap
materi dengan mengajukan
pertanyaan
·
Meminta setiap mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
·
Mengingatkan
mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi tes formatif 2 dan setelah itu kelompokyang
presentasi membuat makalah dan PPT
untuk disampaikan setelah tes.
|
Modul
|
10’
|
SATUAN
AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke : 5
Kode Mata Kuliah / SKS : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum : Mahasiswa mampu
mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses
dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi
Khusus
: Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: memahami isi modul 3 dan 4, menilai
kualitas
Alat ukur penilaian
Pokok
Bahasan : Modul 3-4, validitas dan reliabilitas
hasil, analisis dan perbaikan instrumen
Sub
Pokok Bahasan
: Modul 304, pengertian validitas, reliabilitas dan cara
meningkatkan reliabilitas, pentingnya analisis butir soal
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media & Sumber Belajar
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
§
Memeriksa kesiapan mahasiswa
§
Memeriksa kesiapan ruang, alat, media,
pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
Absen
|
5’
|
2
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Salam, berdoa, presensi, dan
ulasan materi pertemuan sebelumnya
|
PPT, modul
|
5’
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Tes formatif 2: modul 3-4
·
Presentasi kelompok
·
Pembahasan hasil diskusi oleh
dosen
|
PPT, Modul
|
100’
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
·
Menilai penguasaan mahasiswa terhadap
materi dengan mengajukan
pertanyaan
·
Meminta setiap mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
·
Mengingatkan
kelompokyang presentasi membuat makalah dan PPT untuk disampaikan pada
pertemuan berikutnya
|
Modul
|
10’
|
SATUAN
AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke : 6
Kode Mata Kuliah / SKS : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum : Mahasiswa mampu
mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses
dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi
Khusus
: Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: melaksanakan penilaian terhadap
proses dan
Hasil pembelajaran
Pokok
Bahasan : prinsip-prinsip
pemberian nilai, penilaian di berbagai jenjang pendidikan, pemanfaatan tes
untuk meningkatkan
Kualitas pembelajaran
Sub
Pokok Bahasan
: tujuan penilaian kelas, pedoman pelaksanaan penilaian di
pend dasar, menengah dan tinggi, pemanfaatan pre tes
Post test, tes formatif, tes diagnostik, dan non tes.
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media & Sumber Belajar
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
§
Memeriksa kesiapan mahasiswa
§
Memeriksa kesiapan ruang, alat, media,
pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
Absen
|
5’
|
2
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Salam, berdoa, presensi, dan
ulasan materi pertemuan sebelumnya
|
PPT, modul
|
5’
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Presentasi kelompok
·
Pembahasan hasil diskusi oleh
dosen
|
PPT, Modul
|
100’
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
·
Menilai penguasaan mahasiswa terhadap
materi dengan mengajukan
pertanyaan
·
Meminta setiap mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
·
Mengingatkan
mahasiswa untuk mempersiapkan diri melakukan tes formatif 3: modul 5-6
|
Modul
|
10’
|
SATUAN
AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke : 7
Kode Mata Kuliah / SKS : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum : Mahasiswa mampu
mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses
dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi
Khusus
: Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: memahami isi modul 5 dan 6
Pokok
Bahasan : Modul 5 dan 6
Sub
Pokok Bahasan
: Modul 5 dan 6
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media & Sumber Belajar
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
§
Memeriksa kesiapan mahasiswa
§
Memeriksa kesiapan ruang, alat, media,
pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
Absen
|
5’
|
2
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Salam, berdoa, presensi, dan
ulasan materi pertemuan sebelumnya
|
PPT, modul
|
5’
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Tes formatif 3: modul 5 dan 6
·
Diskusi kelas
|
PPT, Modul
|
100’
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
·
Menilai penguasaan mahasiswa terhadap
materi
·
Menutup
perkuliahan dan meminta mahasiswa mempelajari seluruh isi modul untuk
didiskusikan pada pertemuan berikutnya
|
Modul
|
10’
|
SATUAN
AKTIVITAS TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke : 8
Kode Mata Kuliah / SKS : PDGK4301 / 2 SKS
Nama Tutor : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Kompetensi Umum : Mahasiswa mampu
mengembangkan alat ukur penilaian dan melaksanakan penilaian terhadap proses
dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran.
Kompetensi
Khusus
: Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: memahami seluruh isi modul
Pokok
Bahasan : Modul 1 - 6
Sub
Pokok Bahasan
: Modul 1 - 6
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media & Sumber Belajar
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
§
Memeriksa kesiapan mahasiswa
§
Memeriksa kesiapan ruang, alat, media,
pembelajaran
§ Mengabsen mahasiswa
|
Absen
|
5’
|
2
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Salam, berdoa, presensi, dan
ulasan materi pertemuan sebelumnya
|
PPT, modul
|
5’
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Diskusi kelas mengenai materi
di modul yang belum difahami
|
PPT, Modul
|
100’
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
·
Menyimpulkan
materi perkuliahan tentang evaluasi pembelajaran di SD
·
Menutup
perkuliahan
|
Modul
|
10’
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar