Kamis, 21 April 2016

FORMAT APKG 1 DAN 2 PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP


ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1 (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
1.    Nama Guru/Mahasiswa          :
2.    N I M                                        :
3.    Tempat Mengajar                    :
4.    MODEL PKR                          :
5.    Kelas / Semester                       :       
6.    Mata Pelajaran                        :
                                                         
7.    Waktu                                       :
8.    Hari / Tanggal                          :


 
 

PETUNJUK
Baca dengan cermat Rancangan PKR yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa untuk praktek PKR di kelasnya sendiri. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini:

1.  Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator
1.1  Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan Standar Isi dan Kompetensi
1.2  Merumuskan tujuan khusus/indikator perbaikan pembelajaran.

2.  Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
2.1  Mengembangkan dan mengorganisasikan materi dari model PKR yang dipilih
2.2  Menentukan dan mengembangkan alat bantu/ media pembelajaran.
2.3  Memilih sumber belajar

3.  Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran kelas rangkap
3.1  Menyusun langkah-langkah pembelajaran kelas rangkap.
3.2  Menentukan alokasi waktu pembelajaran kelas rangkap.
3.3  Menentukan cara-cara memotivasi siswa.

4.  Merancang pengelolaan kelas
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam pembelajaran kelas rangkap.

5.  Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian
5.1  Menentukan prosedur dan jenis penilaian.
5.2  Membuat alat – alat penilaian dan kunci jawaban.

6.  Tampilan dokumen rencana pembelajaran kelas rangkap
6.1  Kebersihan dan kerapihan.
6.2  Penggunaan bahasa tulis.



Nilai APKG 1 = R
R = A+B+C+D+E+F =
6

R = Rata – rata Butir
Jakarta,
Pengamat      




            -----------------------------------
NIP.   



 ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 2 (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

1.        NAMA MAHASISWA         :
2.        N I M                                      :
3.        ALAMAT SEKOLAH         :
4.        MODEL PKR                       :
5.        KELAS / SEMESTER         :
6.        MATA PELAJARAN          :
                                                                     
7.        TOPIK                                   :
8.        TANGGAL                           :
9.        KELOMPOK BELAJAR    :
10.    UPBJJ – UT                          : 

 
 
 PETUNJUK
1.    Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.    Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.    Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4.    Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.


1.    Melakukan pembelajaran
a.    Melaksanakan tugas rutin kelas

b.    Memulai pembelajaran

c.    Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi, dan lingkungan

d.   Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal

e.    Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan

f.     Menggunakan media belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan

g.    Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien

h.    Mengakhiri kegiatan pembelajaran






2.    Mengelola interaksi kelas
a.    Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat, terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa

b.    Memicu dan memelihara keterlibatan siswa

c.    Melakukan komunikasi secara aktif


3.    Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran kelas rangkap (isi yang sesuai dengan RP PKR yang sedang dinilai)

a.  Bahasa Indonesia
1)   Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia.

2)   Memberikan latihan keterampilan berbahasa

3)   Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar

b.  Matematika
1)   Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan manipulatif.

2)   Menguasai simbol-simbol matematika.

3)   Memberikan latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari           
           
c.  IPA
1)   Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui pengalaman langsung

2)   Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung.

3)   Menampilkan penguasaan IPA


d.  IPS
1)   Mengembangkan pemahaman konsep waktu.

2)   Mengembangkan pemahaman konsep ruang.

3)   Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity)




e.  PKn
1)   Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan.

2)   Penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan.

3)   Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Melaksanakan penilaian proses hasil belajar
a.    Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran
b.    Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran


5. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
a.    Peka terhadap kemampuan berbahasa
b.    Penampilan guru dalam pembelajaran kelas rangkap
c.    Keefektifan pembelajaran kelas rangkap

Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran kelas rangkap, serta saran perbaikan.






 Nilai APKG 2 = K
R = P + Q + R + S + T =
5

R = Rata – rata Butir
Jakarta,
Pengamat      




------------------------------------
NIP.   




1 komentar:

  1. Neng, formatna tiasa di kirim ka abdi yuda.means.war@gmail.com, hatur nuhun pisan, nuju priyogi soalna

    BalasHapus